Nono Sampono Minta Wacana Pansus Papua Siapkan Lebih Komprehensif

Sorong – Kehadiran Pimpinan dan sejumlah Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) di Kota Sorong, Provinsi Papua Barat bertujuan untuk lebih banyak mendengar masukan dan aspirasi dari Pemerintahan Kota Sorong.

Dengan cara seperti itu kata Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono, akan ditemukan rumusan terbaik untuk menyelesaikan berbagai masalah di Papua Barat.

“Kami hadir ke sini, untuk mendengar masukan dan aspirasi. Masukan dan aspirasi itu cukup membantu nantinya DPD RI dalam memberikan solusi terbaik bagi permaslahan yang ada di Papua Barat,” kata Nono, ketika menggelar tatap muka dengan Pemerintahan Kota Sorong, Provinsi Papua, Kamis (17/10/2019).

Dijelaskannya, saat ini Komite I DPD RI tengah mewacanakan pembentukan Panitia Khusus (Pansus) Papua. Wacana tersebut ujar Nono, hendaknya disiapkan secara lebih komprehensif.

Di acara yang sama, Ketua Komite I DPD RI Jafar Alkatiri menambahkan, tekad Komite I DPD RI untuk membentuk Pansus Papua sudah bulat dan telah disepakati bersama melalui rapat pleno Komite I.

“Sejauh ini kami mulai merumuskan apa saja yang akan menjadi fokus dari Pansus Papua, seperti pemekaran daerah sebagai salah satu solusi di Papua, soal kelanjutan dana otonomi khusus. Pansus akan bekerja untuk mengembalikan tercapainya kesejahteraan dan keadilan di Papua Barat,” ungkap Jafar.

Pansus Papua ini nantinya imbuh Jafar, secara aktif ikut berkontribusi menyelesaikan konflik-konflik di tanah Papua dan lainnya.

Bersama Pimpinan dan Anggota DPD RI, tatap muka dihadiri antara lain oleh Wali Kota Sorong Lambert Jitmau, Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Sorong serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Sorong.