AFC Bantu Asistensi PSSI untuk Piala Dunia U20

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan bersama wakilnya Iwan Budianto dan Cucu Soemantri serta Sekretaris Jenderal PSSI,  Ratu Tisha Destria berkunjung ke markas AFC di Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa (12/11). Jajaran pengurus PSSI disambut Sekjen AFC Dato Windsor. Dalam pertemuan ini, AFC berkomitmen membantu PSSI untuk asistensi penyelenggaraan Piala Dunia U20 tahun 2021.

“Tentu kami akan membantu PSSI untuk asistensi Piala Dunia U20. Dengan pengalaman PSSI menyelenggarakan beberapa turnamen AFC, kami yakin secara regulasi dan teknis tidak akan banyak kendala. Meski demikian, kami akan tetap bersedia membantu,” kata Dato Windsor.

Ditambahkan, penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 merupakan keberhasilan PSSI dalam meyakinkan FIFA. Tentu dukungan penuh pemerintah Indonesia juga menjadi faktor penting yang diperhitungkan. “Ini sebuah kepercayaan bagi Indonesia dan kebanggan bagi Asia,” ujar Dato Windsor.

AFC, lanjut Dato Windsor, juga akan meneruskan kerja sama dengan PSSI terkait pengembangan sepak bola. AFC dan PSSI sejauh ini sudah cukup intens dalam pengembangan kursus kepelatihan. Bahkan standar kursus kepelatihan untuk lisensi C dan B, sudah bisa dilakukan secara mandiri oleh PSSI. Tahun lalu, untuk kali pertamanya Indonesia dipercaya menggelar kursus AFC A Pro.

Dalam pertemuan ini, Dato Windsor juga menjelaskan struktur organisasi AFC, yang hampir semuanya di bawah kesekjenan diisi oleh orang-orang profesional. Mereka diberi kewenangan mengambil keputusan dan pekerjaan mereka dinilai berdasarkan Key Performance Index atau KPI.

Dato Windsor juga mengajak pengurus PSSI berkeliling kantor AFC yang dilengkapi berbagai fasilitas, seperti ruang rapat, auditorium yang luas, ruang makan, ruang kerja dan lapangan bola rumput sintetis.

Mochamad Iriawan menyampaikan terima kasih kepada Dato Windsor yang bersedia menerima kunjungan pengurus PSSI. Iriawan berharap kerjasama PSSI dengan AFC bisa terus ditingkatkan. “Kita butuh dukungan dari AFC,” ujarnya.

Iriawan juga mengaku sangat terkesan dengan kantor AFC yang sangat rapi, representatif dan menggambarkan profesionalisme. “Ini juga menjadi impian PSSI ke depan,” katanya.

Sehari sebelumnya, jajaran pengurus PSSI juga secara informal bertemu dengan Presiden AFC Sheikh Salman Bin Ibrahim Al-Khalifa. Dalam pertemuan itu, Sheikh Salman juga berkomitmen membantu PSSI untuk pengembangan sepak bola di Indonesia. (pssi)