oleh

Indonesia Menguasai Klasemen Grup K

Kemenangan kedua sukses diraih tim nasional Indonesia U19 usai mengalahkan Hong Kong 4-0, sekaligus menduduki puncak klasemen Grup K, dalam lanjutan babak kualifikasi Piala AFC U19 yang berlangsung, Jumat (8/11) di Stadion Madya Senayan, Jakarta.

Empat gol kemenangan Indonesia dicetak oleh Bagas Kaffa, Fajar Fatur Rahman, David Maulana, dan Bagus Kahfi. Indonesia tampil mendominasi jalannya babak pertama di laga dengan Hong Kong. Terhitung ada 10 kali tembakan yang dilepaskan oleh Garuda Nusantara, dimana dua diantaranya membuahkan gol.

Loading...

Gol pertama Indonesia berhasil dibukukan oleh Bagas Kaffa pada menit ke-24. Dia meneruskan umpan David Maulana. Fajar Fathur Rahman menggandakan keunggulan Indonesia pada menit ke-30, umpan Mochammad Supriadi yang menjadi awalnya.

Baca Juga :   Panglima TNI Kukuhkan 66 Pengurus Pusat INKAI

Indonesia terus tampil menekan. Tendangan Rizky Ridho pada menit ke-52 tepat sasaran, bisa ditangkap Lo Siu Kei. Lahir kembali gol untuk Indonesia pada menit ke-57 dianulir. Fathur Rahman sudah offside saat menerima bola sebelum menjaringkan bola.

Indonesia mendapat peluang lewat tendangan bebas pada menit ke-60. Pelanggaran Leung Yau Wai pada Supriadi berbuah tendangan bebas di muka kotak penalti. David Maulana menjadi eksekutor freekick. Tendangannya mengarah ke sisi kanan gawang Hong Kong, gagal di tepis oleh Sui Kei.

Sutan Zico gagal! Tendangannya dari jarak dekat pada menit ke-72 masih melenceng. Pemain nomor 9 itu masuk menit ke-65 menggantikan Fathur Rahman. Indonesia sangat banyak melakukan tembakan hingga menit ke-74. Ada 14 percobaan dari Timnas U-19.

Baca Juga :   Menpora Pastikan Anggaran Pelatnas SEA Games Turun Akhir Januari

Bagas hampir menambah gol pada menit ke-80. Tendangannya dari dalam kotak penalti bisa diblok. Hong Kong untuk pertama kalinya melepaskan tembakan di babak kedua pada menit ke-84. Tendangan jarak jauh Chan Shinichi ditangkap degan sempuran oleh Ernando Ari Sutaryadi.

Indonesia mendapat penalti di akhir babak kedua. Bagas dilanggar di kotak penalti, Bagus pun tampil sebagai eksekutor. Tendangan keras pemain bernomor punggung 20 itu menghujam gawang lawan. Sesaat kemudian, wasit meniup peluit panjang, Indonesia menang 4-0.

Hasil ini membuat Indonesia geser posisi DPR Korea yang pada laga sebelumnya mengalahkan Timor Leste dengan skor identik, 4-0. Indonesia meraih enam poin, dibawahnya ada DPR Korea yang mengoleksi empat poin, Hong Kong bertahan diposisi ketiga dengan satu poin, sementara itu di posisi terakhir ada Timor Leste tanpa poin.

Baca Juga :   Timnas Putri Optimis Tatap Laga Penting Kontra Myanmar

Selanjutnya, Indonesia akan menghadapi DPR Korea pada Minggu (10/11). Laga itu akan menentukan juara grup, sekaligus memperebutkan tiket lolos ke putaran final. Indonesia cukup menahan imbang guna mengamankan posisinya dan lolos ke Uzbekistan tahun depan. (pssi)