Kasum TNI: Keberhasilan Geladi Yudha Dharma Tingkatkan Profesionalisme TNI

Jakarta – Keberhasilan Geladi Yudha Dharma tidak terlepas dari kesiapan para peserta dan penyelenggara yang telah menunjukkan motivasi, disiplin serta semangat berlatih dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan profesionalisme guna menghadapi tuntutan tugas TNI di masa mendatang.

Demikian amanat Kasum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto yang dibacakan oleh Aspers Panglima TNI Marsda TNI Diyah Yudanardi saat menutup upacara Geladi Yudha Dharma Dikreg ke-46 Sesko TNI TA 2019, yang diikuti 145 Perwira Siswa (AD, AL, AU) di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (8/11/2019).

Kasum TNI menjelaskan bahwa terdapat dua hal yang diyakini dapat meningkatkan kinerja dan memperbesar peluang keberhasilan yang ada, sekaligus dapat menjadi pembeda antara kemajuan hari ini dan esok, dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas-tugas TNI.

Pertama kata Joni Supriyanto, keberhasilan yang telah dicapai dalam latihan ini dengan segala kelemahan dan kekurangannya, hendaknya dijadikan tolok ukur dan bahan evaluasi untuk melangkah lebih jauh ke depan dengan penuh kesadaran dan objektivitas.

Kedua lanjutnya, refleksikan bagaimana upaya mengatasi dan menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi, dengan segala daya kreativitas dan kapasitas ilmu pengetahuan, sehingga dapat diperoleh cara bertindak yang lebih efektif dan efisien.

Menurut Kasum TNI, produk berupa Naskah Rencana Kontinjensi (Renkon) TNI yang telah disusun oleh para perwira siswa merupakan bahan sumbang-saran dan masukan pemikiran, berupa antisipasi terhadap kemungkinan ancaman yang akan terjadi pada masa depan, dihadapkan pada kemampuan dan potensi sumber daya yang tersedia.

“Naskah Renkon TNI yang disusun oleh para perwira siswa, diharapkan juga dapat menjadi pembanding sekaligus sebagai masukan dalam penyusunan Renkon TNI Tahun 2020 yang disusun oleh Mabes TNI,” ujarnya.

Geladi Yudha Dharma merupakan rangkaian kegiatan Kurikulum Dikreg ke-46 Sesko TNI TA 2019 yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan para Perwira Siswa Sesko TNI dalam menyusun dan merumuskan rencana Kontinjensi TNI dalam rangka Operasi Militer Perang (OMP).