oleh

Ketua DPD RI: Angkat Persoalan Daerah Ke Tingkat Nasional

Surabaya – Dewan Perwakilan Daerah Republik (DPD RI) lahir dari konsensus politik nasional untuk memperkuat fungsi Perwakilan Daerah di tingkat Nasional, di samping perwakilan politik DPR RI.

Sedangkan gagasan dasar pembentukan Perwakilan Daerah menurut Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti, adalah untuk menjembatani kepentingan daerah dengan kebijakan nasional, sekaligus memberi peran yang lebih besar kepada daerah dalam pengambilan keputusan politik yang berkaitan langsung dengan daerah.

Loading...

“Karena itu, saya menekankan kepada seluruh Anggota DPD RI untuk mengangkat persoalan daerah ke tingkat nasional. Bukan sebaliknya, membawa isu nasional ke daerah,” kata La Nyalla ketika membuka Press Gathering Koordinatoriat Wartawan Parlemen bertajuk “Sinergitas DPD RI dan Insan Pers Guna Penguatan Peran DPD RI Dalam Memperjuangkan Aspirasi Daerah”, di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur, Jumat (1/11).

Baca Juga :   Demi Kekompakan, La Nyalla Minta Tak Ada Ganjal Mengganjal

Bersama La Nyalla, hadir tiga Wakil Ketua DPD RI yaitu Nono Sampono, Mahyudin dan Sultan Bachtiar Najamudin serta Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPD RI Reydonnizar Moenek dan semua Pimpinan Alat Kelengkapan DPD RI.

Diingatkanya, semua Senator hendakbta melihat, mencermati, mengidentifikasi, dan menemukan jalan keluar berbagai persoalan di daerah untuk selanjutnya disampaikan kepada pemerintah sebagai masukan. “Untuk itu, kita membutuhkan peran media massa sebagai medium katalisator agar persoalan tersebut segera tertangani secara baik,” ujarnya.

Senator Indonesia asal Provinsi Jawa Timur ini menegaskan, peran pers di Parlemen begitu besar, karena secara terus-menerus tanpa kenal lelah mempublikasikan semua proses dan hasil-hasil sidang hingga berbagai peristiwa yang selama ini terjadi di DPD RI.

Baca Juga :   Petani Minta DPD RI Dorong Pemerintah Percepat Urusan Paten Beras

Bahkan menurut La Nyalla, tanpa pers, masyarakat akan sulit mendapatkan informasi tentang hasil dan keputusan DPD RI yang terkait langsung dengan kepentingan daerah.

“Saya melihat peran pers di Parlemen begitu besar karena terus menerus tanpa kenal lelah memberitakan proses-proses dan hasil-hasil sidang maupun peristiwa-peristiwa yang terjadi di DPD RI. Dari interaksi ini, sesungguhnya DPD RI dan Pers, mempunyai peran yang sama, yaitu mengawal berlangsungnya demokrasi di negeri kita ini,” ujar La Nyalla.

Terhadap kerja sama ini, selaku pimpinan dan segenap Anggota DPD RI, La Nyalla mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi para jurnalis yang tergabung dalam Koordinatoriat Wartawan Parlemen yang telah memainkan peran begitu tinggi dalam menginformasikan kerja-kerja nyata anggota DPD RI.

Baca Juga :   Ketua Mahkamah Agung Pandu 575 Anggota DPR Ucapkan Sumpah

Selain dengan media, La Nyalla juga menegaskan agar DPD RI menjalin sinergi dan komunikasi yang harmonis dengan semua lembaga negara, terutama pemerintah, demi mempercepat pembangunan di daerah.

“Apalagi Presiden Joko Widodo sudah menyatakan akan menjalankan konsep pembangunan dengan pendekatan Indonesia Sentris, yang artinya merata, tidak hanya di Pulau Jawa. Karena sejatinya, wajah Indonesia adalah wajah dari 34 provinsi dari Sabang sampai Merauke,” ungkapnya.