oleh

Ancaman Resesi Ekonomi Global, Elviana: Jangan Terlalu Khawatir

Jakarta – Ketua Komite IV Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Elviana mengatakan resesi ekonomi global yang saat ini tengah melanda dunia pasti memberi efek negatif terhadap perekonomian Indonesia.

Namun Senator Indonesia asal Provinsi Jambi itu mengingatkan krisis ekonomi global itu tidak perlu dikhawatirkan secara berlebihan karena pengaruhnya relatif kecil terhadap perekonomian Indonesia.

“Pasti ngefek krisis ekonomi global ini ke Indonesia. Tapi jangan terlalu khawatir sebab menurut Badan Pusat Statistik (BPS) pengaruhnya cuma 17,38 persen ke ekonomi Indonesia,” Kata Elviana, dalam Dialektika Demokrasi bertajuk “Mampukah Indonesia Menghadapi Ancaman Resesi Dunia 2020?”, di Media Center DPR, Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Senayan – Jakarta, Kamis (5/12/2019).

Baca Juga :   Dorong Kemandirian Pangan Lokal, Mentan Dipuji Senator Papua

Namun demikian, Elviana tetap mengingatkan pemerintah agar tetap menjaga tingkat konsumsi masyarakat agar tidak melemah dan iklim investasi tetap kondusif.

“Pemerintah sepertinya sangat memahami masalah investasi ini dengan cara menyiapkan omnibus law untuk sektor lapangan kerja dan kemudahan berinvestasi karena sektor investasi berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia sebesar 34 persen. Yang penting jangan-berbelit-belit,” tegasnya.

Menjawab pertanyaan tentang kesiapan daerah dalam menghadapi resesi ekonomi?, Elviana menjelaskan bahwa hal itu sangat tergantung dari konsistensi Pemerintah Pusat.

“Ada dana desa. Tapi praktiknya pemerintah terkesan tidak sungguh-sungguh memberikan kewenangan kepada perangkat desa terhadap pemanfaatan dana desa itu,” pungkas Elviana.

Loading...