Pimpinan Komisi II DPR RI Pastikan Kesiapan Karawang Gelar Pilkada

Karawang – Delapan kabupaten dan kota di Provinsi Jawa Barat akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada September 2020 nanti. Satu diantaranya adalah Kabupaten Karawang.

Untuk itu Wakil Komisi II DPR RI Saan Mustopa memastikan kesiapan Karawang dalam menghadapi Pilkada serentak itu.

“Dari penjelasan KPU, Bawaslu, Dukcapil, termasuk pihak keamanan dalam hal ini Polisi dari TNI, secara teknis mereka menyatakan siap menggelar Pilkada serentak. Meski demikian Komisi II tetap akan mengawasinya,” kata Saan, usai pertemuan dengan Asisten I Setda Kabupaten Karawang yang diikuti KPU, Bawaslu, Polres, TNI dan Satpol PP, di Kantor Bupati Karawang, Jawa Barat, Kamis (12/12/2019).

Dalam pertemuan, Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Jawa Barat VII itu menjelaskan, kesiapsiagaan Karawang dalam menyongsong Pilkada serentak terlihat dari proses pendataan, termasuk perekaman KTP-elektronik yang menjadi salah satu syarat menjadi pemilih, juga sudah berjalan dengan baik.

“Begitu pun dengan adanya migrasi atau perpindahan penduduk yang dikhawatirkan akan terjadi menjelang Pilkada serentak nanti,” tegas politisi Partai Nasional Demokrat (NasDem) itu.

Namun kekhawatirkan tersebut imbuh Saat tidak perlu berlebihan karena sudah diantisipasi oleh pihak-pihak terkait. “Harapan kita, Pilkada di Kabupaten Karawang ini bisa efektif, efisien, transparan dan mengedepankan kejujuran dan keadilan,” pungkasnya.