DPD RI Dorong Kemenhub Selesaikan Program Kerja Prioritas 2020

Jakarta – Wakil Ketua III Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Sultan Bachtiar Najamudin mendorong Kementerian Perhubungan (Kemenhub) fokus menyelesaikan Program Kerja Prioritas Tahun 2020. Salah satu agenda prioritas tersebut menurut Sultan, memberikan dukungan penuh kepada pengembangan destinasi pariwisata super prioritas.

Pernyataan tersebut disampaikan Sultan dalam Rapat Kerja Komite II DPD RI dengan Menteri Perhubungan RI, membahas Program Kerja Kemenhub Tahun 2020, di Ruang Rapat Komite II DPD RI, Kompleks Parlemen, Senayan – Jakarta, Rabu, (19/2/2020).

Senator Indonesia dari Provinsi Bengkulu menegaskan, program Kemenhub mempunyai peranan penting karena jadi andalan dalam mendukung program Presiden Joko Widodo, salah satunya mewujudkan destinasi wisata super prioritas.

“Program pemerintahan terdepan saat ini adalah membangun infrastruktur dan konektivitas, kementerian ini mempunyai peranan penting karena menjadi salah satu andalan Presiden Joko Widodo. Salah satu indikator program dari eksekutif sampai eksekusi bisa berhasil kalau ada dukungan politik, salah satunya dari DPD RI. Saya kira tepat jika kementerian menggandeng para Senator untuk mensosialisasikan program kerjanya sampai ke tingkat bawah di daerah,” ujar Sultan.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Komite II DPD RI Yorrys Raweyai menyoroti Program Prioritas Kemenhub yang harus selesai dalam waktu dekat, yaitu persiapan penyelenggaraan PON XX Tahun 2020 yang akan diselenggarakan di Papua.

“Penyelenggaraan PON tahun 2020 di Papua harus menjadi perhatian serius, rencananya Maret nanti Pimpinan MPR RI, DPR RI, dan DPD RI akan meninjau langsung persiapan pelaksanaan PON di sana. Saat ini masih banyak yang belum terselesaikan terutama dukungan akses transportasi yang menghubungkan lokasi-lokasi pertandingan dan wisma atlet, juga akses pengiriman bahan untuk pembangunan. Saya kira kementerian harus ngebut untuk mencapai hasil yang terbaik,” kata Yorrys.

Sedangkan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Program Kerja Kementerian Perhubungan 2020 sesuai dengan Visi Misi Presiden Joko Widodo dan mendukung rencana kerja pemerintah yaitu pembangunan infrastruktur, pembangunan SDM, Reformasi Birokrasi, mendorong investasi dan tepat dalam penggunaan APBN.

“Sesuai visi misi Presiden, Kementerian Perhubungan mengemban tugas membangun konektivitas aksesibilitas yang menghubungkan sentra-sentra perekonomian daerah, peningkatan layanan transportasi. Kemudian agenda prioritas kita adalah mendukung untuk destinasi pariwisata, kemudian dukungan penyelenggaraan PON Tahun 2020 di Papua, Pengembangan SDM Transportasi, Revitalisasi Terminal Tipe A, dukungan pada daerah perbatasan dan tertinggal, serta memberikan subsidi operasional keperintisan,” jelas Budi Karya.