Kemnaker Raih Predikat Sangat Memuaskan dari ANRI

Jakarta — Kementerian Ketenagakerjaan meraih Penganugerahan Pengawasan Kearsipan Tahun 2019 dari lembaga Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) di peringkat ketujuh dengan predikat “Sangat Memuaskan” untuk kategori Kementerian berdasarkan hasil pengawasan tahun 2019.

Kemnaker meraih prestasi pengawasan Kearsipan tahun 2019 dengan nilai 94,88 untuk kategori AA (Sangat Memuaskan). Hasil ini mengalami peningkatan sebesar 20,43 dibandingkan hasil pengawasan tahun 2018 sebesar 74,45 dengan kategori “Cukup”.

Penghargaan ANRI tersebut diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Tjahjo Kumolo kepada Kepala Biro Umum Kemnaker, Dian Kreshnadjati yang mewakili Sekjen Kemnaker Khairul Anwar dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Kearsipan, pada Rabu, 26 Februari 2020 di  Surakarta, Jawa Tengah.

Penganugerahan Pengawasan Kearsipan Tahun 2019 ini diberikan berdasarkan nilai hasil pengawasan kearsipan pada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah sebagai salah satu upaya mengukur kesesuaian antara penerapan standar kearsipan di lingkungan pencipta arsip dengan peraturan perundang-undangan di bidang kearsipan.

Seperti diketahui, pengawasan kearsipan menjadi salah satu indikator penilaian ANRI dalam evaluasi reformasi birokrasi. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan-RB) Nomor 30 Tahun 2018 tentang Pedoman Evaluasi Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah.

Adapun aspek penilaian yang diaudit di bidang kearsipan meliputi kebijakan kearsipan, program kearsipan, pengelolaan arsip, kelembagaan, sumber daya manusia (SDM) kearsipanserta sarana dan prasarana kearsipan.

Kepala Biro Umum Kemnaker, Dian Kreshnadjati mengungkapkan bahwa penghargaan dari ANRI ini akan semakin mendorong kinerja jajaran Kemnaker menjadi semakin lebih baik lagi, khususnya dalam pengelolaan kearsipan di lingkungan Kemnaker.

“Penghargaan ini merupakan modal untuk terus memperbaiki diri di seluruh lini dan menjadi referensi bagian- bagian lain untuk menuju kinerja Kemnaker yang lebih baik lagi. Tentunya kita berikan apresiasi para pegawai bagian kearsipan Kemnaker atas kerja keras dan profesionalitas dalam memberikan pelayanan yang terbaik,” kata Dian.