Sultan Bolkiah Sambut Ratusan Warga Indonesia Ikut Pawai Hari Kebangsaan Brunei

​Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam – 130 WNI kenakan baju ​adat dan batik meriahkan Parade Hari Kebangsaan ke-36 Brunei Darussalam di sepanjang jalan ibu kota Bandar Seri Begawan (23/02/2020). Ketua Persatuan Masyarakat Indonesia Mukhidin Umar pimpin pawai Indonesia yang kenakan baju adat dari Aceh, Sumatera, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Sulawesi, NTT dan baju batik hitam dari Yayasan Sultan Haji Hassanal Bolkiah hingga Dermaga Diraja dan berakhir di Taman Haji Sir Muda Omar Ali Saifuddien.

“Saya mengapresiasi partisipasi warga Indonesia dan staf KBRI di hari yang cukup terik ini guna turut memeriahkan Parade Hari Kebangsaan Brunei dan memperagakan kekayaan budaya Indonesia khususnya baju adat yang beragam bentuk dan warnanya,” ucap Duta Besar Indonesia untuk Brunei Darussalam Sujatmiko saat menyambut delegasi setelah acara perbarisan selesai.

Pada Tribun Kehormatan, Sultan Haji Hassanal Bolkiah tampak berdiri dan melambai-lambaikan tangan sambil tersenyum bagi peserta barisan Indonesia.

Perbarisan Kebangsaan adalah acara pawai tahunan yang diadakan untuk merayakan Hari Nasional Brunei yang jatuh pada tanggal 23 Februari. Parade tahun ini diikuti oleh 161 kelompok dengan jumlah total peserta sebanyak 26.534 orang yang terdiri dari kelompok militer, pemerintah, swasta, sekolah serta komunitas lokal dan asing. Selain Indonesia, komunitas asing yang mengikuti Parade kali ini yaitu komunitas Malaysia, Filipina, Thailand, dan India.

(kemenlu)