LIPUTAN.CO.ID

Teknologi

2045 Robot Bisa Nikah hingga Hak Ikut Pemilu

Prediksi ilmuwan soal kejadian 2045 mendatang membuat geleng-geleng kepala. Betapa tidak, pada 2045 nanti, robot humanoid atau robot yang menyerupai manusia akan memiliki hak setara dengan manusia.

Seperti dilansir dari laman Independent, Senin (28/5), seorang pakar yang juga perancang robot, Dr David Hanson menyebut bahwa robot masa depan akan memiliki hak sipil yang setara dengan manusia. Bahkan di antara hak-hak tersebut termasuk urusan pernikahan, memilih pemimpin, hingga memiliki barang pribadi yang mereka sukai.

Dia memberikan prediksi tersebut melalui sebuah penelitian yang dilakukannya tentang robot dan manusia di masa depan. Adapun judul penelitian ‘Memasuki Era Sistem Intelegensia Kehidupan dan Masyarakat Android’. Riset tersebut menyebut bahwa para Android alias robot humanoid itu nantinya akan benar-benar setara dengan manusia hampir di segala aspek. Ini terjadi paling cepat 2045 mendatang.

  Fahri Hamzah Sebut Pelaku Teror Bom Bunuh Diri Tak Paham Agama

Nantinya para Android itu akan memperoleh hak sipil sepenuhnya yang setara dengan manusia seperti pernikahan, melakukan pemilihan umum (Pemilu), memiliki tempat tinggal, hak hidup layak, dan kebutuhan robotik lainnya yang sesuai dengan haknya seperti layanan kesehatan.

Dia juga menduga bahwa hak-hak para robot tersebut nantinya akan legal secara hukum. Hal tersebut dijelaskannya lantaran sistem hukum di masa depan juga akan menyesuaikan dengan kecanggihan teknologi termasuk urusan robot.

“Para pembuat hukum dan perusahaan (robot) dalam waktu dekat akan mencoba melegalkan soal kematangan emosi robot, sehingga orang-orang akan merasa aman,” katanya.

Menurut dia, kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) pada robot tidak akan tinggal diam. Sebab, tuntutan masyarakat terhadap mesin untuk lebih cerdas akan semakin keras dan hal itu akan mendorong kompleksitas AI ke depannya. “Dari situ akan muncul titik kritis di mana robot akan menuntut hak mereka untuk hidup, untuk hidup bebas,” terangnya.

  Kalahkan Google Pixel dan Galaxy S8, Ini Kamera Ponsel Terbaik Saat Ini

Menyoal robot humanoid, AI, dan Android sendiri bukan perkara baru bagi Hanson. Dia sebelumnya pernah menciptakan robot humanoid yang bahkan telah diberikan kewarganegaraan oleh Pemerintah Kerajaan Arab Saudi. Robot yang telah memiliki kewarganegaraan bikinannya itu bernama Sophia.

Sophia sebelumnya juga sempat menebar ancaman. Pada waktu demonstrasinya di depan hadirin, Hanson bertanya soal masa depan manusia kepada Sophia. Kemudian Sophia menjawab bahwa dirinya akan menghancurkan manusia.

“Apakah kamu ingin menghancurkan manusia? Tolong katakan tidak, tanya dokter Hanson. Baik, aku akan menghancurkan manusia,” jawab robot humanoid bernama Sophia tersebut.

(ftr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!