LIPUTAN.CO.ID

Ekonomi Bisnis

Agar Terumbu Karang Tak Punah, Begini Saran Politikus PKS

Mahfuz Sidik

Jakarta, liputan.co.id – Anggota Komisi IV DPR RI Mahfuz Sidik menyatakan aktivitas perdagangan terumbu karang untuk kebutuhan akuarium hias sebagian besar ada di Bali.

“Potensi pasar ekspornya luar biasa karena pasar Eropa menyerap hasil budi daya terumbu karang sangat besar,” kata Mahfuz lewat rilisnya di sela-sela mengikuti Kunjungan Kerja Komisi IV DPR RI, ke Bali, Sabtu (13/4/2018).

Menurut politikus Partai Keadilan Sejahtera itu, pembudidayaan terumbu karang juga bisa menjadi cara lain untuk pelestarian habitat terumbu karang yang ada di Indonesia.

Dari data sekitar 50 asosiasi yang terhimpun di Bali, total nilai ekspor mencapai Rp200 miliar. Kendati ini masih skala kecil, tetapi menurutnya mempunyai prospek yang besar, dengan koordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

  Akui Yerusalem Ibu Kota Israel, Trump Dinilai Mirip Orang Bodoh

“Jika KLHK bisa memberikan prioritas lebih kepada usaha pembudidayaan terumbu karang dan bersinergi dengan pelestarian habitat terumbu karang, maka bukan saja bisa meningkatkan volume ekspor dan devisa negara, tapi juga kekhawatiran tentang rusak dan punahnya habitat terumbu karang bisa kita atasi,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!