LIPUTAN.CO.ID

Nasional

Anggota DPR RI Asal Jateng Minta Pemerintah Daerah Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Pemudik

JAKARTA – Dua minggu jelang lebaran dan libur sekolah, arus mudik akan memadati sejumlah kota di Jawa Tengah. Selain menjadi tujuan utama mudik, kota-kota di Jawa Tengah menjadi jalur utama menuju Provinsi Yogyakarta dan Jawa Timur. Untuk itu perlu persiapan dan kesiapan pemerintah daerah baik provinsi dan kabupaten kota di Jawa Tengah menyambut tamu pemudik 2018.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dari Jawa Tengah III (Pati, Grobogan dan Blora),  Sutriyono mengatakan  Pemerintah Daerah memiliki peran penting dalam memperlancar arus mudik dengan tujuan atau yang melewati Jawa Tengah. Terutama kesiapan jalan dan penerangan jalan menjadi hal paling dasar yang harus mendapat perhatian pemerintah daerah setempat.

  Terbiasa Hadapi Perbedaan, Alumni HMI Diminta Tak Tercerai Berai  

“Kita tidak bisa mengandalkan pemerintah pusat semata. Daerah yang dilewati pemudik harus mempersiapkan diri menyambut tamu dengan pelayanan terbaik,” kata Sutriyono.

Pria kelahiran Pati ini menambahkan pelayanan terbaik yang diberikan oleh pemerintah daerah bisa mengurangi resiko kecelakaan. Jangan sampai kecelakaan yang terjadi karena faktor ketidaksiapan kondisi infrastruktur. Untuk itu pemerintah daerah harus mempersiapkan infrastruktur dengan sebaik mungkin mengingat masih ada waktu untuk memperbaiki jalan dan penerangan umum yang rusak.

“Sebelum arus mudik harus sudah selesai. Masih ada waktu sekitar seminggu lagi untuk memperbaiki yang rusak. Jalan, penerangan jalan dan rambu – rambu harus mendapat perhatian serius,” katanya.

Terkait keamanan menjadi hal penting untuk diperhatikan oleh pihak keamanan di daerah. Selain perpindahn manusia dari Jakarta dan sekitarnya juga terjadi perpindahan uang dan proverti berupa kenderaan. Pemudik membutuhkan jaminan keamana selama dalam perjalanan.

  Bertemu Panglima TNI, Begini Harapan Dewan Pers

“Perjalanan pemudik banyak di waktu malam. Terutama pemudik yang menggunakan sepeda motor. Untuk itu jaminan keamanan penting diperhatikan,” jelasnya.

Selain infrastruktur dan keamanan Sutriyono juga mengingatkan pelayan kesehatan disepanjang  jalur mudik harus tersedia. Pemerintah daerah harus menyiapkan tenaga medis selama musim mudik. Terutama rumah sakit umum daerah harus siap sedia melayani pemudik.

Pelayanan yang diberikan kepada pemudik akan berbanding lurus pada geliat ekonomi di Jawa Tengah. Sektor kuliner, parawisata dan perhotelan akan mengalami peningkatan selama libur lebaran ini.

“Wajarlah ya, kalau pemerintah daerah melayani pemudik ini. Mereka kan membawa uang ke daerah. Ini akan berdampak pada perekonomian daerah,” katanya.(*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!