LIPUTAN.CO.ID

Gaya Hidup

Apa Arti dari Lubang di Bagian Telinga Ini?

Pernahkah Anda melihat setitik lubang di telinga teman atau mungkin keluarga Anda seperti pada gambar di atas? Well, ternyata ada kondisi ini ada penjelasan medisnya.

Lubang kecil yang beradai di antara wajah dan kartilago telinga ini diberinama preauricular sinus adalah nama yang diberikan untuk kondisi yang terbilang langka ini.

Lubang ini biasanya hanya muncul pada salah satu sisi telinga, namun ada juga yang memiliki di kedua telinganya, adalah nodul, atau lesung yang terlihat jelas di bagian luar telinga. Lalu apa penjelasan dari keberadaan lubang ini?

Secara teknis, lubang ini adalah cacat lahir akibat bawaan yang dapat diwariskan oleh orang tua dan pertama kali didokumentasikan oleh seorang ilmuwan bernama Van Heusinger di tahun 1864 silam.

  Simak, Penyebab Nyeri Dada yang Sering Disangka Penyakit Jantung

Berbeda dengan Heusinger, menurut pakar biologi evolusioner, Neil Shubin, lubang aneh yang terjadi pada 4 sampai 10 persen populasi di ASIA, ini dianggap sebagai cikal bakal insang ikan yang evolusioner, sebagaimana dilaporkan Business Insider.

Apakah preauricular sinus berbahaya? Untungnya sih tidak. Hanya saja lubang ini memiliki potensi infeksi, namun dapat dengan mudah diatasi dengan penggunaan antibiotik.

Sumber: TheSun.co.uk

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!