LIPUTAN.CO.ID

Teknologi

Begini Rincian Data Pribadi yang Kita Setorkan ke Google dan Facebook

Dengan mengakses data di dunia maya, berarti kita sudah menyetorkan data pribadi kita ke Facebook dan Google.

Seperti dilansir The Guardian, menurut Konsultan Data dan Pengembang Web, Dylan Curran, berikut adalah data-data kita yang sudah dimiliki oleh Facebook dan Google!

1. Google tahu di mana kita berada
Google menyimpan lokasi kita (jika mengaktifkan pelacakan lokasi) setiap kali kita menghidupkan smartphone. Kita juga bisa melihat timeline tempat yang pernah kita kunjungi sejak hari pertama menggunakan smartphone tersebut.

2. Google tahu riwayat pencarian kita, bahkan yang telah dihapus
Google menyimpan riwayat pencarian di semua perangkat kita. Itu berarti jika kita menghapus riwayat pencarian dan riwayat ponsel di satu perangkat, itu mungkin masih memiliki data yang disimpan dari perangkat digital lainnya.

3. Google memiliki profil iklan kita
Google membuat profil iklan berdasarkan informasi kita, termasuk lokasi, jenis kelamin, usia, hobi, karir, minat, status hubungan, penghasilan.

4. Google tahu semua aplikasi yang kita gunakan
Google menyimpan informasi tentang setiap aplikasi dan ekstensi yang kita gunakan. Mereka tahu seberapa sering kita menggunakannya, di mana menggunakannya, dan dengan siapa kita berinteraksi menggunakan aplikasi tersebut. Itu berarti mereka tahu siapa yang kita ajak bicara di Facebook, hingga jam berapa kita tidur.

5. Google memiliki riwayat pencarian YouTube kita
Google menyimpan semua riwayat YouTube kita sehingga mereka mungkin tahu status kita. Jika kita seorang konservatif, progresif, Yahudi, Kristen, atau Muslim, Google akan tahu. Bahkan jika kita merasa tertekan atau ingin bunuh diri.

6. Data kita di Google bisa jadi jutaan dokumen Word
Google menawarkan opsi untuk mengunduh semua data yang disimpannya tentang kita. Kira-kira bila diunduh berupa file berukuran besar 5,5 GB akan setara 3 juta dokumen word. Tautan ini mencakup bookmark, e-mail, kontak, file Google Drive, semua informasi di atas seperti riwayat YouTube, foto di ponsel kita, riwayat google hangout, riwayat lokasi, musik yang kita dengarkan, dan banyak lainnya.

7. Facebook memiliki rim data kita
Facebook menawarkan opsi serupa untuk mengunduh semua informasi yang pernah kita buat. Bila kita memiliki sekitar 600 MB, maka akan sama dengan 400 ribu dokumen word. Ini mencakup setiap pesan yang pernah kita kirim, semua kontak di ponsel, dan semua pesan audio yang pernah kita kirim atau dapatkan dari pengirim e-mail lain.

8. Facebook dan Google bisa mengakses web dan mikrofon kita
Data yang mereka kumpulkan meliputi pelacakan tempat kita, aplikasi apa yang digunakan, akses ke webcam dan mikrofon, kontak, e-mail, kalender, riwayat panggilan, pesan yang kita kirim dan terima, file yang kita unduh, permainan yang kita mainkan, foto dan video, musik, bahkan stasiun radio apa yang kita dengarkan.

9. Google tahu acara mana yang kita hadiri
Kalender Google menunjukkan data secara rinci, menunjukkan semua acara yang pernah kita tambahkan, apakah kita benar-benar hadir dan jam berapa kita menghadiri acara tersebut.

10. Google memiliki informasi yang kita hapus
Ini adalah contoh isi Google Drive saya, yang termasuk file yang saya hapus secara eksplisit termasuk riwayat hidup, anggaran bulanan saya, dan semua kode, file dan situs web yang pernah saya buat.

11. Google dapat mengetahui rutinitas olahraga
Melalui Google Fit, kita bisa mengukur semua langkah yang pernah diambil, kapan saja kita mulai berjalan di mana saja.

12. Google memiliki foto kita selama bertahun-tahun
Semua foto yang pernah diambil dengan ponsel, akan dikelompokkan berdasarkan tahun, dan termasuk metadata kapan dan di mana kita mengambil foto

13. Google memiliki setiap e-mail yang pernah kita kirim
Setiap e-mail yang pernah kita kirim, yang telah dikirimkan kepada kita, termasuk yang telah kita hapus maupun dikategorikan sebagai spam.

14. Masih Banyak lagi
Google juga memiliki semua gambar yang pernah kita cari dan simpan, setiap lokasi yang pernah kita telusuri atau klik, setiap artikel berita yang pernah kita telusuri atau baca, dan setiap pencarian, hingga setiap video YouTube yang pernah kita cari dan tonton. (fjr)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!