LIPUTAN.CO.ID

Gaya Hidup

Bisa Fatal ! Ini Bahaya Obat Kumur jika Diminum

Alkohol adalah salah satu bahan yang digunakan dalam mouthwash atau obat kumur dan mengisi setidaknya 27 persen dari volume yang ada.

Bagi mereka yang alkoholik, konsumsi mouthwash mungkin adalah cara termudah untuk memenuhi ketergantungan mereka akan alkohol, terlebih ketika mouthwash sangat mudah ditemukan di mana-mana.

Meski pada dasarnya mouthwash digunakan untuk menjaga kesehatan mulut, sebagian orang menjadikannya sebagai pelarian akan ketergantungan mereka, padahal mouthwash sendiri tidak didesain untuk dikonsumsi. Tidak hanya memberikan efek samping terhadap kesehatan, ia juga dapat mematikan.

Berikut ini beberapa kerusakan yang disebabkan oleh meminum mouthwash yang perlu diketahui:

1. Kebutaan dan kematian

Mouthwash mengandung methyl alcohol yang sangat membahayakan jika dikonsumsi tubuh karena menyebabkan kerusakan pada saraf optik yang dapat berujung pada buta permanen. Hanya butuh 10ml methyl alcohol untuk menyebabkan kerusakan pada mata, sementara 30ml-nya dapat menyebabkan kematian.

  Kaitan antara Kebiasaan Begadang dengan Resiko Serangan Jantung

2. Kerusakan organ

Perlu diingat bahwa kadar alkohol pada mouthwash adalah 2 kali lipat kebih tinggi dibandingkan minuman beralkohol pada umumnya. Ketika diminum, ia dapat menyebabkan kerusakan serius pada liver lantaran tidak mampu menyaring kadar alkohol yang berlebihan.

3. Infeksi

Seperti api, meminum terlalu banyak mouthwash dapat menyebabkan luka bakar, tidak hanya di mulut namun juga pada tenggorokan. Potensi kerusakan yang disebabkan juga dua kali lebih tinggi dari konsumsi minuman beralkohol biasa dan dapat menyebabkan infeksi.

4. Pingsan

Campuran antara hydrogen peroxide, methanol, dan alkohol yang sejatinya berfungsi untuk membunuh kuman, ketika diminum justru dapat meracuni sistem tubuh dan memperlambat kerja sistem sentral saraf yang menyebabkan seseorang jatuh pingsan, meski tidak selalu.

  4 Alasan untuk Tidak Berhenti Bercinta Disaat Hamil

Perlu dicatat juga bahwa meski tidak membahayakan dalam jangka pendek, namun seiring berjalannya waktu, konsumsi obat kumur ini dapat menyebabkan breakdown pada tubuh serta organ dan fungsi utamanya. Jika Anda adalah salah satu dari mereka yang addict akan mouthwash, maka segeralah meminta bantuan dokter sebelum terlambat.

(ruf)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!