LIPUTAN.CO.ID

DPD RI

DPD RI Minta Kemen LHK Kaji Ulang Penerbitan Izin HTI

Belitung, Liputan.co.id – Pembuatan hutan tanaman industri (HTI) oleh PT Agra Pratama Sejahtera (PT APS) di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung – Provinsi Bangka Belitung ditentang oleh masyarakat setempat.

Alasannya menurut Wakil Ketua Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Aji Muhammad Mirza Wardana, keberadaan HTI tersebut oleh masyarakat dinilai akan menimbulkan kerusakan lingkungan.

“Beberapa kawasan hutan di Bangka Belitung dijadikan sebagai HTI. Salah satunya di Kecamatan Sijuk. Keberadaan HTI tersebut diprotes masyarakat karena merusak lingkungan,” kata Aji, dalam acara audiensi Pimpinan Komite II DPD RI, di Kantor Bupati Belitung, Senin (4/12/17).

Audiensi tersebut tindak lanjut dari pertemuan di Jakarta pada 23 Agustus 2017 silam di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dalam pertemuan itu, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyatakan PT APS sudah terima SP3, tapi hingga kini tidak ada responnya.

  DPD RI Dorong Pembangunan Pelabuhan di Daerah Dipercepat

“Solusi yang terbaik untuk masyarakat adalah mendorong secepat mungkin izin perusahaan tersebut dicabut izinnya. DPD tentu akan mendorong penghentian pembuatan HTI di Kecamatan Sijuk, karena merusak lingkungan seperti penebangan hutan yang berpotensi memunculkan banjir dan permasalahan lingkungan hidup,” tegasnya.

Agar masalah ini tidak terulang, Senator Kalimantan Timur itu mendesak pemerintah segera melakukan evaluasi dan koreksi terhadap seluruh kawasan HTI di Indonesia.

“Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan bisa panggil semua pihak terkait dengan HTI ini. Evaluasi semuanya agar potensi kerusakan lingkungan dan penyimpangan program HTI bisa diperkecil,” sarannya, sembari menambahkan perketat proses pengurusan dokumen pengusahaan HTI.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!