LIPUTAN.CO.ID

DPD RI

DPD RI Temukan Bulog Daerah Sulit Distribusikan Stok Pangan

I kadek arimbawa

Banjarmasin, liputan.co.id –  Wakil Komite II Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI I Kadek Arimbawa menemukan masalah berupa sulitnya Badan Urusan Logistik (Bulog) di daerah mendistribusikan stok pangan.

Masalah tersebut terungkap saat pertemuan Komite II DPD RI dengan Bulog Divisi Regional Provinsi Kalimantan Selatan, di Kantor Perum Bulog Banjarmasin Kalimantan Selatan, Senin (9/4/2018).

“Permasalahan Bulog di daerah bukan hanya stok pangan, tetapi juga masalah pendistribusian, penyimpanan stok pangan agar tidak rusak karena terlalu lama disimpan di gudang,” kata Kadek.

Permasalahan tersebut ujar Senator asal Provinsi Bali itu sangat berharga karena dapat jadi rujukan bagi DPD RI menyusun RUU Pangan.

“Kami melihat bahwa kesulitan Bulog tidak hanya menyimpan tapi mendistribusikan juga menjadi masalah juga. Masalah ini juga terjadi di banyak daerah,” imbuhnya.

Kepala Divisi Regional Bulog Banjarmasin Dedi Supriyadi menyatakan bahwa target penyaluran stok pangan harus berbanding dengan ketersediaan stok.

“Merawat dan menyimpan stok itu tidak mudah, contohnya beras tidak boleh terlalu lama tersimpan di gudang menjadi berkurang kualitasnya. Harus berbanding dengan distribusi penyalurannya, agar tidak terlalu lama disimpan dan malah rusak,” jelas Dedi.

Sementara itu Senator Kalimantan Selatan Habib Abdurrahman Bahasyim berpendapat bahwa sistem pengawasan internal Bulog harus diperkuat agar semakin meningkatkan eksistensi dan kewenangannya dalam mewujudkan kedaulatan pangan.

“Diperlukan penguatan sistem pengawasan internal di Bulog, tujuannya agar dalam eksistensi Bulog dalam menjaga kedaulatan pangan bisa terjaga,” sarannya.

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!