LIPUTAN.CO.ID

Teknologi

Halaman Media Sosial Tidak Sama dengan Identitas (dot) com Anda

LIPUTAN.CO.ID – Menurut survei tahunan usaha kecil yang dirilis oleh Clutch, 71% usaha kecil di Amerika menyadari pentingnya membangun kehadiran online. Salah satu kelebihannya adalah usaha mikro, kecil, dan menengah dapat menggunakan situs web, media sosial, atau kombinasi keduanya untuk terhubung dengan target audiens mereka. Tanpa situs web khusus atau laman media sosial, bisnis Anda akan mengalami kesulitan untuk bertahan di tengah persaingan yang semakin ketat.

Untuk membangun kehadiran online bisnis Anda, langkah pertama yang harus diambil adalah mendaftarkan nama domain perusahaan Anda. Ini bertujuan untuk memilih ekstensi domain tingkat atas (TLD) (misalnya: .com, .net, .tv) yang diketahui dan dipercaya pelanggan. Setelah Anda memiliki nama domain, Anda dapat mengarahkan pengunjung ke halaman media sosial atau membangun situs web baru dengan desain dan antarmuka pengguna yang disesuaikan.

Beginilah cara media sosial dan situs web tersebut bekerja:

Media Sosial

Tidak ada biaya yang diperlukan untuk membuat halaman media sosial. Namun, media sosial tidak memberi Anda nama domain, yang merupakan identitas bisnis virtual Anda. Anda dapat mendaftarkan nama domain .com untuk bisnis Anda dengan biaya murah dan kemudian mengalihkannya ke halaman media sosial Anda. Ini adalah metode yang mudah dan hemat biaya untuk mendapatkan identitas online merek Anda.

Keunggulan utama dari metode tersebut adalah:

  • Manfaat biaya: Anda hanya membayar nama domain; halaman media sosial bebas biaya
  • Komitmen rendah: Anda dapat berpindah ke platform media sosial yang berbeda dengan mudah. Nama domain Anda dapat menjadi identitas online yang utama, dan Anda dapat menggunakannya untuk mengalihkan ke platform baru
  • Jangkauan yang diperluas: Ini adalah cara terbaik untuk menjangkau konsumen dalam jumlah besar baik yang sudah ada, maupun calon konsumen
  • Fleksibilitas: Jika Anda ingin memiliki situs web yang lengkap di masa mendatang, Anda dapat menghapus domain Anda dari platform media sosial mana pun dan kemudian membuat situs web mandiri yang bisa ditautkan ke halaman media sosial Anda
  • Fitur e-commerce: Sebagian besar halaman media sosial kini hadir dengan fungsi e-commerce. Ini berarti Anda dapat langsung menjual dari halaman media sosial Anda.
  Vivo Sponsor Piala Dunia 2018 dan 2022

 

Akan tetapi, konten yang dibuat pada halaman media sosial Anda akan diatur oleh syarat dan ketentuan platform media sosial tersebut. Halaman media sosial berfungsi sebagai forum terbuka, di mana konsumen dapat dengan bebas menyuarakan umpan balik, kekhawatiran, dan persepsi mereka terhadap suatu merek. Halaman media sosial Anda membuka kesempatan interaksi dengan target audiens Anda dan untuk menjaga interaksi dengan konsumen, Anda perlu memantau dan menjawab umpan balik media sosial. Terakhir, halaman media sosial hanya menyediakan fitur desain terbatas untuk memamerkan produk dan layanan Anda, sehingga tidak bisa sepenuhnya mewakili pesan merek Anda.

Situs Web

Banyak usaha kecil yang go online percaya bahwa identitas online dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan mereka. Matoa-indonesia.com adalah salah satu bisnis jam tangan kayu online terkemuka di Indonesia yang percaya bahwa website berdomain .com membantu dalam mencapai target penjualan dan meningkatkan kredibilitas mereka di pasar global.

  LINE Luncurkan Stiker Musik Eksklusif Bertema Asian Games 2018

Akan tetapi, SMB di Indonesia masih jauh tertinggal di dibandingkan dengan negara lain dalam hal membangun kehadiran online. Saat ini menurut Kementrian Komunikasi dan Informatika terdapat hanya 4 juta UMKM saja yang sudah go online dan pemerintah menargetkan 8 juta UMKM untuk go online di tahun 2020. Hal ini terutama disebabkan oleh kurangnya kesadaran tentang biaya dan manfaat yang bisa didapatkan dengan memiliki situs web. Tidak seperti halaman media sosial, situs web Anda mencerminkan merek Anda dalam segi desain, antarmuka pengguna, dan perpesanan. Dengan banyak pilihan gratis dan berbayar, membangun situs web sangatlah mudah.

Meskipun alat pembuat situs web gratis memungkinkan Anda memilih template yang ada, pengembang web yang berpengalaman dapat menyesuaikan fitur sesuai kebutuhan Anda dengan biaya tambahan. Anda dapat meng-host blog, video, ulasan pelanggan, penawaran promosi khusus, dll di situs web .com Anda.

Situs Web dan Sosial: Berjalan bersamaan

  Anda Susah Konek, Progress Hilang? Ini Alasan Creator COD WWII

Namun, setelah situs web dan halaman media sosial Anda berjalan bersama, Anda dapat memanfaatkan keduanya. Situs web Anda dapat menjadi pusat dari semua komunikasi merek Anda, sementara laman media sosial Anda dan saluran pemasaran lainnya, seperti email dan penelusuran berbayar, dapat digunakan untuk melibatkan dan mengarahkan kembali pelanggan ke situs web Anda. Berikut ini cara mengintegrasikan situs web dan strategi media sosial Anda:

  • Berkomunikasi dengan audiens yang menjadi target Anda di media sosial. Anda dapat memulai percakapan yang relevan di sini dan meminta mereka untuk membuka situs web Anda
  • Kemampuan Search Engine Optimization (SEO) dari situs web Anda akan membuat merek Anda lebih mudah ditemukan dan media sosial, hal ini dapat memberikan visibilitas lebih jauh ke merek Anda
  • Tambahkan tombol ‘bagikan’ di situs web Anda untuk membagikan konten di media sosial. Untuk bisnis e-commerce, integrasikan tombol sosial di halaman produk sehingga pelanggan Anda dapat berbagi secara mengenai apa yang baru saja mereka beli atau sukai di situs web Anda

Untuk menjangkau calon pelanggan Anda dan mempengaruhi keputusan pembelian mereka, gunakan situs .com agar bisa ditemukan dan terlibat dengan mereka melalui halaman media sosial Anda. Jadi, buatlah situs .com dan mulai terhubung dengan pelanggan dan calon pelanggan Anda saat ini juga.(*)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!