LIPUTAN.CO.ID

Olahraga

Kalah dari Juventus, Real Madrid Melaju ke Semifinal

Satu tiket semifinal Liga Champions musim 2017/2018 disegel juara bertahan Real Madrid berkat “hadiah” penalti pada pengujung babak kedua yang dijebloskan Cristiano Ronaldo ke gawang Juventus.

Sempat dalam tekanan setelah tertinggal 0-3, penalti Cristiano Ronaldo di injury time memastikan Madrid unggul agregat 4-3 atas Si Nyonya Tua.

Pada laga yang berlangsung di Santiago Bernabeu, Kamis, 12 April, yang berakhir subuh Wita beberapa saat lalu, Juventus mencuri gol cepat. Saat laga baru berjalan dua menit, Mario Mandzukic menaklukkan Keylor Navas lewat tandukan kepala setelah menerima umpan terukur Sami Khedira.

Madrid langsung merespons dengan mengurung pertahanan tamunya. Di menit ke-11, peluang emas untuk menyamakan kedudukan didapatkan Gareth Bale yang dipercaya menjadi starter. Bekerja sama segitiga dengan Cristiano Ronaldo dan Luka Modric, Bale mampu berhadapan langsung dengan Gianluigi Buffon. Namun, tendangan Bale mampu ditepis Buffon.

Isco beberapa menit kemudian mampu mencetak gol ke gawang Buffon. Akan tetapi, gol Isco dianulir oleh wasit Michael Oliver. Pengadil asal Inggris itu menganggap Isco dalam posisi offside saat menyambar bola hasil rebound dari tendangan keras Ronaldo yang dimentahkan Buffon.

Pada menit ke-35, peluang bagus untuk mengubah skor kembali didapat tuan rumah. Isco yang mendapat umpan terobosan dari Ronaldo mampu berhadapan dengan kiper. Sayangnya, lagi-lagi peluang emas itu bisa dipatahkan Buffon yang dengan sigap mempersempit ruang tembak Isco.

Asyik menyerang, gawang Madrid malah jebol lagi lewat skema serangan balik. Seperti gol pertama, kembali Mandzukic mampu mempedaya Navas lewat tandukan dari posisi yang nyaris sama. Kali ini, Mandzukic yang menerima umpan manis Stephan Lichtsteiner memenangi duel dengan Dani Carvajal.

Di masa injury time, Madrid nyaris memperkecil ketertinggalan. Bermula dari tendangan bebas Toni Kroos, bola yang diarakan ke depan gawang mampu disundul Raphael Varane. Namun, bola sundulan bek Prancis itu hanya menerpa mistar gawang. Skor 2-0 untuk keunggulan Juventus pun menutup babak pertama.

Kembali dari ruang ganti, Madrid yang masih unggul agregat 3-2 langsung memasukkan Lucas Vazquez dan Marco Asensio untuk menggantikan Casemiro dan Bale. Dengan dua tenaga baru itu, Madrid langsung menekan. Peluang pun langsung didapatkan Kroos di awal babak kedua saat mendapat bola di kotak penalti. Tapi, tendangan gelandang asal Jerman itu mampu diblok barisan pertahanan Juventus.

Los Blancos kembali mendapat peluang gol di menit ke-57 saat Lucas Vazquez mengirim umpan ke depan kotak penalti yang disambar Ronaldo. Sayangnya, bola yang melayang kurang keras bisa diantisipasi Buffon.

Dua menit kemudian, jantung pendukung Madrid dibuat berdetak kencang saat Gonzalo Higuain mampu mendapat peluang terbuka. Beruntung bagi Madrid, tendangan keras eks penyerang Madrid itu mampu ditepis Navas.

Namun, keberuntungan Madrid hanya beberapa saat. Pada menit ke-61, Juventus dapat mencetak gol ketiga mereka. Berawal dari umpan Douglas Costa, Navas melakukan blunder. Bola tangkapannya terlepas yang kemudian langsung disambar Blaise Mautidi. Agregat pun berubah 3-3.

Tertinggal 0-3, Madrid langsung mengurung pertahanan tamunya. Selain itu, pelatih Zinedine Zidane juga menarik keluar Luka Modric dan memasukkan Mateo Kovacic. Masuknya Kovacic membuat Madrid bisa melakukan serangan bergelombang.

Pada menit ke-77, Isco yang menerima umpan Marcelo mendapat peluang bagus mencetak gol. Akan tetapi, Buffon mampu menepis bola dan hanya melahirkan sepak pojok. Dari situasi tendangan sudut ini, Varane yang naik membantu serangan juga mendapat peluang di dalam kotak penalti namun tendangannya melenceng tipis di sisi kiri gawang Buffon.

Semenit berselang, Giorgio Chiellini nyaris mencetak gol bunuh diri. Diawali serangan di sisi kanan pertahanan Juventus, Asensio melepaskan umpan silang ke depan gawang. Chiellini yang bermaksud membuang bola malah membahayakan gawangnya. Untung sundulannya melenceng tipis di atas mistar gawang.

Terus menekan, Madrid mendapat penalti di masa injury time. Wasit menunjuk titik putih setelah Mehdi Benatia dianggap melanggar Vazquez yang menerima bola sundulan Ronaldo di depan mulut gawang. Keputusan wasit ini mendapat protes pemain Juventus yang berujung kartu merah Buffon.

Ronaldo yang maju sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik. Tendangan kerasnya ke sudut kiri gagal diantisipasi kiper Wojciech Szczesny yang masuk mengisi tempat Buffon. Skor 3-1 ini bertahan dan Madrid lolos dengan keunggulan agregat 4-3. (fjr)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!