LIPUTAN.CO.ID

Gaya Hidup

Kopi Tidak Mempan Bikin Anda Terjaga? Ini Dia Penyebabnya

Banyak orang yang mengandalkan kopi sebagai salah satu cara untuk memastikan agar dirinya tetap terjaga dari kantuk. Namun apa yang terjadi ketika konsumsi kopi Anda tidak lagi mempan?

Menurut studi yang dipresentasikan pada American Academy of Sleep Medicie dan Sleep Research Society, kondisi ini bisa jadi dipicu oleh tubuh Anda yang kekurangan tidur.

Para peneliti sendiri belum terlalu yakin mengapa efek kafein tidak bekerja seperti biasanya ketika mereka yang mengkonsumsinya mengalami kurang tidur dalam beberapa hari.

Namun mereka meyakini bahwa hal tersebut ada hubungannya dengan cara kerja kafein itu sendiri. Ketika kafein menyatu dengan reseptor pada otak, maka akan menghasilkan zat kimia bernama adenosine, yang mana membuat Anda jadi lebih terjaga.

  Manfaat Garam yang Gak Ada Hubungannya dengan Memasak

Akan tetapi, ketika Anda kekurangan tidur, maka tubuh Anda akan memproduksi lebih banyak adenosine. Hal ini, menurut perkiraan para peneliti, yang mungkin bertanggungjawab atas penolakan reseptor otak terhadap kafein dan mencegah efek stimulasi tersebut, jelas lead author studi, Tracy Jill Doty, Ph.D., dari Walter Reed Army Institute of Research.

Perlu dicatat juga bahwa jika Anda mengkonsumsi kopi lebih dari 400 mg per harinya, dapat memberikan efek negatif tersendiri pada tubuh. Sebut saja lekas marah dan gelisah adalah beberapa dampak buruknya.

Bagaimana cara mengatasinya, yang perlu Anda lakukan adalah mengistirahatkan tubuh Anda dengan setidaknya tidur 7 hingga 9 jam untuk memulihkan kondisi tubuh, ujar bekas Chairman National Foundation Board Tom Balkin, Ph.D., menyarankan.(ruf)

  Konsumsi Teh Putih, Temukan Banyak Manfaatnya

Sumber: MensHealth.com.sg

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!