LIPUTAN.CO.ID

Gaya Hidup

Lakukan Beberapa Hal Mudah Ini, Agar Orang Tua Berumur Panjang Umur

Kapan terakhir kali Anda menemani ayah dan ibu yang telah membesarkan Anda? Jika Anda tidak tinggal satu atap, mungkin dalam waktu dekat ini Anda ingin meluangkan waktu Anda bersama dengan mereka.

Menurut sebuah studi yang dirilis pada JAMA Internal Medicine, hidup dalam sebuah kesunyian adalah salah satu faktor yang sangat tinggi perannya terhadap kualitas hidup mereka di usia tua.

Tidak hanya beresiko alami depresi, gangguan kognitif dan penyakit arteri koroner, hidup dalam kesendirian juga dapat menyebabkan seseorang mati lebih awal dibandingkan mereka yang hidup dalam kebersamaan.

Studi ini sendiri menggunakan data dari 1.600 orang di usia tuanya dengan rata-rata usia 71 tahun. Dari situ ditemukan bahwa 23 persen dari partisipan yang hidup menyendiri meninggal dunia lebih awal ketika studi berjalan selama 6 tahun, sementara hanya 14 persen partisipan yang hidup berdampingan yang juga meninggal dunia di tahun yang sama. lainnya yang hidup dalam kebersamaan.

  Ingin Mood Bagus Selama Menjalani Puasa, Coba Konsumsi Rutin Buah Kiwi

Sementara menurut studi yang dirilis pada jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences, ditemukan bahwa mereka yang menggunakan Facebook memiliki umur yang lebih panjang ketimbang mereka yang sama sekali tidak eksis secara online.

Hal ini terkait dengan manfaat pertemanan yang ditawarkan oleh media sosial paling populer di dunia itu. Dengan adanya Facebook, jumlah pertemanan yang ada dapat meningkatkan persepsi seseorang mengenai hidup ini melalui support sosial, yang dianggap mampu melawan stress dan menurunkan resiko seseorang terhadap penyakit.

Namun perlu digarisbawahi, bahwa benefit menggunakan media sosial yang disebutkan di atas hanya akan berlaku bagi mereka yang menggunakan media sosial secara positf, bukan mereka yang menyalahgunakannya.(ruf)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!