LIPUTAN.CO.ID

DPD RI

Perkecil Pelanggaran, DPD Bangun Sistem Pengawasan Perda

Oesman Sapta

Batam, liputan.co.id – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Oesman Sapta mendukung terlaksananya Rakernas Asosiasi DPRD Kota Seluruh Indonesia (Adeksi) ke-3. Rakernas ini menurut Oesman, tentu akan menjadi kebangkitan bagi daerah-daerah di Indonesia.

“Hari ini merupakan kebangkitan Adeksi. Kebangkitan ini berarti dalam membangun sistem ke depan yang lebih baik terutama Peraturan Daerah (Perda),” ujar Oesman, di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Selasa (6/3).

Menurutnya partner DPD yang utama adalah DPRD. Untuk itu pada kesempatan ini DPD dan DPRD perlu menyatukan pemikiran dan sekaligus pandangan-pandangan yang dapat membangun sistem ini yang lebih baik. “Dengan ada sistem itu maka pengawasan Perda bisa tertata dengan baik,” ujar dia.

  OSO: Pelaku Bom Bunuh Diri Pengecut!

Oesman Sapta juga menegaskan dengan ditambahnya kewenangan DPD dalam UU MPR, DPR, DPR, dan DPRD (MD3). Nantinya setiap sistem ‘Perda’ harus melalui DPD. “Kita akan membangun sistem di mana harus melalui DPD. Karena itu adalah perintah UU,” jelas dia.

Dengan demikian, lanjutnya, peluang pelanggaran-pelanggaran tentu akan lebih kecil. Namun bukan berarti pelanggaran itu akan hilang. “Lebih kecil tapi bukan pelanggaran itu akan hilang,” tegas senator asal Provinsi Kalimantan Barat itu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!