LIPUTAN.CO.ID

Gaya Hidup

Perut Kriuk-kriuk, Solusi dan Pantangannya

Perut kriuk-kriuk di saat Anda melewatkan jam makan Anda adalah hal yang alami terjadi. Akan tetapi, ketika terjadi di saat-saat penting atau di tempat umum di mana semua mata tertuju pada Anda, perut kriuk-kriuk bisa menempatkan Anda pada posisi yang tidak nyaman.

“Ketika kita belum makan dalam waktu yang cukup lama, usus kita mengaktifkan fungsi ‘pembersih; yang menyapu sisa-sisa makanan yang ada,” kata Anish Sheth, M.D., chief of gastroenterology dari University Medical Center of Princeton seperti dikutip dari MensHealth.com.

Pergerakan yang cepat pada usus ini, jelas dia, dikenal dengan nama migrating motor complex (MMC) dan merupakan cara tubuh untuk mempersiapkan usus Anda untuk sesi makan berikutnya.

  Kekurangan Vitamin B12 Semasa Hamil Beresiko Sebabkan Diabetes pada Anak

Caranya, kata Dr. Sheth, adalah dengan mendorong air dan udara ke bawah dan seperti halnya toilet, proses ini mengeluarkan suara yang kita dengar seperti kriuk-kriuk itu.

Jika Anda berada posisi yang disebutkan di atas tadi, Sheth menyarankan untuk setidaknya mengkonsumsi snack untuk menenangkannya. Air atau minuman lain juga bisa saja, namun tidak secepat makanan.

Dan bagi Anda yang berpikiran untuk menahan napas Anda untuk mengatasinya, ia menyarankan untuk tidak melakukannya, karena hanya akan memperparah situasi, karena Anda akan hanya menambah tekanan air yang di dorong usus ke bawah, alhasil, perut Anda akan semakin meraung-raung.(ruf)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!