LIPUTAN.CO.ID

Olahraga

Presiden Optimis Kontingen Indonesia Melebihi Target Emas di Asian Games 2018

JAKARTA – Sebanyak 1.388 orang atlet dan official Kontingen Indonesia untuk Asian Games Jakarta-Pelembang 2018 secara resmi dilepas oleh Presiden Joko Widodo bersama Menko PMK Puan Maharani, Menpora Imam Nahrawi, Menteri PU PR Basuki Hadimuljono, Ketua Inasgoc Erick Thohir, dan CdM Kontingen Indonesia Syafruddin di Halaman Istana Negara, Jakarta, Rabu (8/8) sore.

Presiden merasa senang dan gembira untuk melepas atlet Asian Games Jakarta Palembang 2018. Menurutnya, para atlet ini adalah putra-putri terbaik bangsa yang mewakili 263 juta penduduk Indonesia. “Saya tahu saudara-saudara atlet yang didukung pelatih dan official telah berlatih sangat keras dalam waktu yang lama saya meyakini insyaallah emas akan sebanyak-banyaknya didapatkan,” ucap Presiden optimis.

  Tinggalkan Barcelona, Arda Turan Kembali ke Turki

Target kontingen Indonesia di Asian Games 2018 adalah masuk 10 besar dengan minimal mengoleksi 16 medali emas. “Perolehan 16 medali emas adalah minimal, artinya kalau tambah banyak boleh, kurang satupun tidak boleh, jelas itu,” ujar Presiden dalam sambutannya mengenakan kaos putih lengan pendek berlogo Asian Games 2018.

Optimistis Presiden didasari atas kerja keras, pelatihan, dan dalam jangka waktu yang lama oleh para atlet. “Saya telah menengok cabang olahraga jet ski, layar skateboard, dayung, pencak silat, saya kira latihan yang cukup panjang akan menghasilkan hasil yang baik,” ujar Presiden.

“Saya titip, kebanggaan negeri ini ada di saudara-saudara seluruh atlet yang akan berlaga dan yakinlah 263 juta masyarakat Indonesia berada di belakang dan mendoakan saudara-saudara semuanya untuk berkumandangnya lagu Indonesia Raya dan berkibarnya Merah-Putih setelah adanya kemenangan setelah saudara bertanding. Jagalah nama baik negara, bertandinglah secara sehat dan fair. Selamat berjuang,” tutup Presiden.

  Francesco Totti : Ronaldo Pemain Terbaik dan Zidane Pelatih Terbaik

Sebelumnya, Menko PMK Puan Maharani dalam laporannya menyampaikan tiga hari sebelumnya di Istora GBK, Jakarta telah dikukuhkan tim Indonesia untuk Asian Games 2018 sebanyak 1.383 orang, yang terdiri atas 938 atlet, 365 official, dan 80 head quarter. “Tim Indonesia akan mengikuti 40 cabang olahraga pada 67 disiplin dan 465 nomor pertandingan, memperebutkan 465 medali emas,” ujar Puan.

Menurutnya, meski pembukaan Asian Games 2018 pada 18 mendatang, namun sejak tanggal 10 Agustus telah dimulai babak penyisihan cabang olahraga sepakbola. “Pada cabor sepakbola Indonesia akan bertanding pada 12 Agustus melawan China Taipei di Stadion Patriot Candrabaga, Bekasi, Jawa Barat,” tuturnya.

Target Indonesia pada Asian Games 2018 adalah meraih peringkat 10 besar dengan target perolehan minimal 16 hingga 17 medali emas. “Tim Indonesia siap menggelorakan semangat berjuang meraih prestasi tertinggi demi berkumandangnya lagu Indonesia Raya dan berkibarnya Bendera Merah-Putih,” tambahnya.

  Pelatih Tim Muda Barcelona Akui Kualitas Bek Ini Setara dengan Dani Alves

Turut hadir Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Mulyana, Ketua Koni Pusat Tono Suratman, CdM Syafruddin, dan para Ketua Cabang Olahraga. (ben)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!