LIPUTAN.CO.ID

Nusantara

Ruang Politik Didominasi Kaum Tua, AMI Dorong Anak Muda Jadi Wapres 2019

Liputan.co.id – Wajah politik Indonesia sejauh ini masih dihiasi oleh muka-muka lama. Politisi di negeri dengan demokrasi terbesar di dunia ini masih didominasi oleh politisi senior.

Kondisi ini membuat peran anak muda untuk mengambil bagian dalam pentas politik bangsa makin terancam. Padahal, stok anak muda cerdas di bangsa ini sangat banyak. Kondisi ini membuat Ketua Umum Anak Muda Indonesia (AMI) Al-Ghazali Musaat angkat bicara.

Menurut Al-Ghazali, mayoritas anak muda mengalami marginalisasi peran yang dahsyat dalam konstelasi pembangunan politik. Padahal, anak muda Indonesia dari level lokal hingga nasional sangat banyak.

“Gelanggang politik masih didominasi kaum tua. Orang muda kita kelihatannya begitu gampang dimobilisir untuk menjadi “massa jalanan” yang rentan tindakan destruktif,” kata Al-Ghazali lewat rilisnya, Jumat (10/5).

  Keturunan Syekh Abdul Qodir Al-Jaelani Doakan Kota Semarang Semakin Maju dan Sejahtera

Dikatakan Al-Ghazali, kelemahan anak muda saat ini adalah kurangnya sosialisasi dan kecerdasan mereka belum sepenuhnya diaktualisasi dalam bentuk gerakan-gerakan perubahan.

“Jika mereka diberi ruang yang lebar untuk mengaktualisasikan potensi tersebut, mimpi akan perubahan mudah terwujud. Beragam kreativitas dan inovasi akan bermunculan ketika anak muda didorong dan diberdayakan secara profesinal,” ucapnya.

Untuk itu, kata Al-Ghazali salah satu cara untuk menghadirkan peran anak muda dikanca perpolitikan bangsa adalah memberikan ruang dan panggung kepada mereka. “Rapimnas AMI yang akan di laksanakan pada, (12/5) besok adalah ajang mengkonsolidasikan kekuatan kaum muda untuk merespon berbagai masalah sosial politik nasional,” akuinya.

Dikatakan tokoh muda asal Papua itu, poin penting dalam Rapimnas AMI nanti adalah mendorong anak muda Indonesia untuk menduduki jabatan Wakil Presiden Indonesia pada Pilpres 2019.

  Maju Caleg DPR RI, Adly Fairuz Sowan ke Kiai-kiai di Kendal

“Salah satu urgensi yang akan di bahas dalam Rapimnas AMI kali ini adalah mendorong tokoh muda nasional kita yang ada untuk menjadi Wakil Presiden 2019 mendatang,” tegas Al-Ghazali.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!