LIPUTAN.CO.ID

Gaya Hidup

Serem… Belasan Cacing Hidup di Mata Manusia

Abbey Beckley adalah wanita pertama di dunia yang didiagnosa terkena cacing mata yang biasanya hanya ditemukan pada binantang ternak.

Wanita asal Oregon, Amerika Serikat, yang kini berusia 28 tahun itu (26 saat kejadian) diketahui bekerja di sebuah kapal penangkap ikan di Alaska pada musim panas 2016 lalu.

Selama dua minggu di laut, Abbey menyadari ada yang salah dengan matanya. Lima hari kemudian, setelah kembali ke daratan, ia pun mencari tahu tentang apa yang menyebabkan perasan tidak nyaman tersebut.

“Mata kiri saya iritasi dan memerah dan kelopak mata ini terlihat membengkak. Saya juga mengalami migraine. Saya pun bertanya-tanya ada apa ini,” kata Abbey pada CNN.

Di situ ia menemukan seekor cacing yang menggeliat keluar dari mata yang meradang itu. Bingung dengan apa yang terjadi, ia pun memutuskan untuk memeriksakan kondisinya ke rumah sakit. Dokter yang menanganginya berhasil mengeluarkan empat ekor cacing lainnya dan memutuskan untuk membawa kasus ini pada dokter spesialis mata di Portland.

Dari Portland, sample cacing-cacing ini kemudian dikirim kepada Centers for Disease Control and Prevention. Di situ nama Thelazia gulosa, nama cacing kecil nan transparan itu, muncul. Paratis ini sendiri biasanya dibawa oleh lalat dan hidup dengan memakan cairan lubrikasi pada mata hewan ternak.

Secara keseluruan, terdapat 14 ekor Thelazia gulosa worms yang berhasil dikeluarkan dari mata Abbey yang memakan waktu 20 hari untuk menyisirnya satu per satu. Andai saja dibiarkan, kerusakan pada kornea mata dan kebutaan pun tak terhind.(ruf)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top