LIPUTAN.CO.ID

Teknologi

Simak Nih Perbedaan Asus Zenfone 5, 5Z, dan 5 Lite

Terlepas dari duo Zenfone yang memiliki desain ‘meniru’ iPhone X, ada baiknya mengetahau perbedaan ketiga ponsel besutan Asus ini.

Pertama-tama mari kita bahas kedua Zenfone yang mirip iPhone X, yakni Asus Zenfone 5 dan Zenfone 5Z.

Asus Zenfone 5 mengusung desain layar kekinian. Pengguna akan diberikan ponsel dengan desain layar penuh tanpa bezel atau bezel-less.

Sebab smartphone ini mengusung rasio layar ke bodi yang sangat tinggi. Tidak sampai di situ, karena meniru desain iPhone X, bagian atas layarnya terdapat lengkungan atau notch yang menjadi ruang bagi speaker, kamera depan, dan beberapa sensor penting.

Layar Asus Zenfone 5 dan Zenfone 5Z sama-sama memiliki bentang layar seluas 6,2 inci dengan aspek rasio 18:9. Keduanya juga membawa panel IPS LCD dengan resolusi 1080×2280 piksel.

Tidak hanya mirip iPhone X di bagian depan, Asus Zenfone 5 dan Zenfone 5Z juga tampak mirip di bagian punggungnya. Terdapat dua buah kamera yang disusun secara vertikal di bagian pojok kiri. Bedanya hanya logo khas buah apel tergigit digantikan oleh sensor sidik jari dan logo Asus.

Zenfone 5 dan 5Z mengusung dual kamera yang terdiri dari kamera utama 12 MP dengan piksel berukuran 1,4 mikrometer dan bukaan f/1.8, serta kamera sekunder 8 MP yang mengusung lensa 120 derajat wide angle. Tentu tak lupa dilengkapi dengan kamera selfie berukuran 8 MP di bagian poni layarnya.

  JOOX Hadirkan Layanan Music Streaming Gratis

Dapur pacunya, Asus Zenfone dipersenjatai oleh chipset octa-core Qualcomm Snapdragon 636 dengan kecepatan clock 1.8 GHz. Prosesor ini serasi dengan pilihan varian RAM 4 GB atau 6 GB dan internal storage sebesar 64 GB.

Sementara untuk Asus Zenfone 5Z yang merupakan flagship dari Asus, chipsetnya dipercayakan pada prosesor terbaru Snapdragon 845, dengan tiga varian yang tersedia yakni RAM 4 GB + 64 GB memori internal, RAM 6 GB + 128 GB memori internal dan RAM 8 GB + 256 GB memori internal.

Keduanya juga akan berjalan pada sistem antarmuka ZenUI 5 yang diklaim bersih tanpa aplikasi-aplikasi lain yang mengganggu selain aplikasi Google. Asus Zenfone 5 dan Zenfone 5Z dibekali baterai dengan daya sebesar 3300 mAh dan berjalan pada sistem operasi Android Oreo.

Khusus untuk Zenfone 5 dan Zenfone 5Z, kabarnya Asus juga menyematkan teknologi kecerdasan buatan atau AI. Asus mengklaim, lini Zenfone 5 ini memiliki berbagai fitur otomatis yang berbasis AI. Mulai dari mode auto kamera yang akan secara otomatis memilih warna yang terbaik. Selain itu terdapat fitur AI Photo yang dapat membaca setelan edit foto dan mengaplikasikannya kemudian.

  Mau Remote Play di Perangkat iOS, Pakai Aplikasi Ini

Tidak hanya itu, ada pula AI Boost yang dapat meningkatkan performa smartphone, yakni dengan memutus berbagai pekerjaan yang tidak diprioritaskan di smartphone.

Selain itu, terdapat juga mode pengisian daya cerdas, yang akan memilih mode isi daya cepat atau isi daya semalaman. Jika pengguna mengisi daya semalaman, aliran listrik akan dibatasi sehingga lebih baik untuk usia pakai jangka panjang baterainya.

Beralih ke Asus Zenfone 5 Lite, smartphone ini dibekali dengan layar penuh 6 inci yang beresolusi Full HD+ (2.160 x 1.080 piksel), berteknologi IPS, dengan aspek rasio layar 18:9. Asus Zenfone 5 Lite memiliki chipset dengan pilihan Qualcomm Snapdragon 430 Octa-core atau Snapdragon 630 Octa-core, RAM dengan pilihan 3 GB atau 4 GB, dan storage internal dengan pilihan 32 GB atau 64 GB yang mampu diekspansi dengan microSD hingga 400 GB.

Kameranya, Asus Zenfone 5 Lite dilengkapi dengan 4 kamera sekaligus yang terdiri dari dua kamera belakang dan dua kamera depan. Pada dua kamera belakang memiliki kombinasi kamera primer 16 MP dengan aperture f/2.2, gyro EIS, PDAF, LED Flash + kamera sekunder wide-angle 120 derajat yang diklaim dapat menghasikan foto dengan sempurna.

  Bos SpaceX Siap Luncurkan Tesla Roadster ke Planet Mars Bulan Depan

Sementara dua kamera depannya memiliki kombinasi kamera primer 20 MP dengan aperture f/2.0, gyro EIS, LED Flash + kamera sekunder winde-angle 120 derajat yang dapat mengakomodasi foto selfie atau wefie dengan hasil memuaskan. Daya baterainya, Asus Zenfone 5 Lite diberikan baterai sebesar 3300 mAh yang juga dilengkapi fitur keamanan canggih yaitu Face Recognition dan Fingerprint.

Soal harganya tentu tidak akan semahal iPhone X. Asus menyebut bahwa untuk Asus Zenfone 5Z akan dibanderol dengan harga EUR 479 atau sekitar Rp 7,9 juta. Untuk Asus Zenfone 5 biasa dan Zenfone 5 Lite belum diumumkan oleh Asus.

Namun harga tersebut tentu lebih murah jauh jika dibandingkan dengan iPhone X. Untuk desain yang mirip, Asus Zenfone 5 bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin tampil membawa kemewahan iPhone X namun harganya lebih bersahabat. (fjr)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!