LIPUTAN.CO.ID

Nusantara

Simulasi, Dari Aksi Penyerbuan Kantor KPU Malteng, Hingga Aksi Pembebasan Sandera

MALTENG, LIPUTAN.CO.ID-Kantor Komisi Pemilihan Umum di Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) yang berkedudukan di Kota Masohi Malteng, diseruduk oleh ratusan pengunjuk rasa yang merasa tidak puas dengan hasil rekapitulasi perolehan suara salah satu pasangan calon kepala daerah dengan nomor urut 5.

Mereka tidak puas karena pasangan Calkada nomor 5 yang mereka dukung, kalah dengan pasangan calkada lainnya.

Meski kantor KPU dijaga ketat aparat gabungan dari TNI-Polri, masa semakin beringas dan anarkis memaksa masuk ke kantor KPU.

Dari Penembakan gas air mata, hingga pengarahan water canon untuk memukul masa agar mundur dari depan kantor KPU, tetapi masa terus ngotot ingin masuk ke kator KPU.

  Polda Jateng Bongkar Sindikat Order Fiktif Taksi Online

Masa akhirnya lari berhamburan setelah Satuan Brimob Detasemen B Pelopor Amahai melakukan pembubaran masa.

Bubarnya aksi masa tidak lantas membuat situasi kondusif. masyarakat kota Masohi dibuat tegang dengan adanya isyu-Isyu profokatif.

Setelah aparat gabungan berhasil membubarkan masa, beberapa saat setelahnyan, ketua KPU Maluku Tengah Mister R. diculik dan disandra oleh orang tak dikenal di rumahnya.

Mendengar kabar tersebut Kapolres Maluku Tengah meminta petunjuk Polda Maluku untuk melakukan pembebasan sandra.

Pembebasan sandra berhasil dilakukan oleh Satuan Brimob Detasemen B Pelopor Amahai yang dilengkapi dengan senjata api, akhirnya Ketua KPU Malteng berhasil dibebaskan dengan selamat sementara dua pelaku penyandera tewas di TKP karena melakukan perlawanan ke petugas.

  Baru Memimpin, Kepala PT KAI Daop 4 Semarang Inspeksi Lintasan Jalur Rel Kereta

Apa yang dipaparkan merupakan kegiatan simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) dalam pengamanan Pilkada Serentak 2018 di Kabupaten Maluku Tengah yang diselenggarakan oleh Polres Malteng yang bekerja sama dengan TNI serta Satuan PolPP Malteng, tepatnya di lapangan Mapolres Malteng, Kota Masohi, Jum'at 13 April 2018.

Kapolres Malteng, AKBP Radja Arthur L. Simamora usai kegiatan kepada sejumlah awak media mengatakan, simulasi sispamkota dilakukan agar penyelenggaraan semua tahapan pelaksanaan Pilkada serentak 2018 pada wilayah hukum polres Malteng berjalan lancar, aman, dan kondusif.

"Kita melaksanakan sispam kota dalam ramgka mengamankan pilkada 2018. ini berguna untuk kesiapan kita mengantisipasi potensi konflik pada titik-titik rawan demi memastikan kamtibmas pilkada," jelasnya.

  Pak Dirman Tekadkan Jateng Mukti Tanpa Korupsi

Dalam simulasi itu kata Simamora, pihaknya kengedepankan sinergitas TNI/Polri. dikatakan pula evaluasi terus dilakukan untuk setiap satuan yang telah ditugaskan mengamankan jalannya proses kampanye hingga rekapitulasi perolehan suara 3 pasangan Cagub dan Cawagub Maluku 2018.

"Sementara kondisi suasana pilkada yang sudah masuk tahapan kampanye ini, secara umum belum ada gejolak (Masalah) yang menonjol. Tapi kami terus memantau keadaan menjelang pemungutan suara pilkada serentak," tutupnya

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!