Teknologi

Spesial Hri Valentine, Xiaomi Hadirkan Jagoan Anyar

Hari kasih sayang atau Valentine, Xiaomi memastikan akan merilis ponsel pintar terbarunya di Indonesia.

Pihak Xiaomi belum menyebut secara gamblang smartphone yang akan dirilis. Namun, dari kabar yang beredar serta undangan yang telah disebar kepada awak media, terlihat angka 5 menjadi kode yang dituliskan pada sebuah undangan yang berdesain mirip sebuah ponsel.

Disainnya kekinian, punya bezel tipis mirip Samsung Galaxy S8. Kemudian ada juga tanda pagar #5ebentarlagi.

Dari undangan tersebut seolah mengisyaratkan bahwa Xiaomi akan merilis smartphone Redmi 5, atau mungkin dengan Redmi 5 Plus sekaligus. Sebab Xiaomi Redmi 5 dan Redmi 5 Plus telah meluncur di negara asalnya Tiongkok akhir Januari lalu.

Harga untuk memboyong Xiaomi Redmi 5 di Tiongkok sebesar TWD 3.999 atau setara dengan Rp 1,8 juta untuk varian RAM 3 GB dengan internal storage 32 GB. Sementara untuk varian di atasnya Redmi 5 Plus dijual dengan harga TWD 5999 atau setara dengan Rp 2,7 juta untuk RAM 4 GB dan memori internal 64 GB. (Kurs tukar 10 Februari. 1 dolar Taiwan = Rp 464)

Dengan banderol harga Rp 1,8 jutaan untuk Redmi 5 biasa pembeli akan diberikan spesifikasi bentang layar 5,7 inch dan resolusi HD+ 720 x 1.440 piksel dengan aspek rasio 18:9. Chipset-nya menggunakan Snapdragon 450 dengan daya baterai sebesar 3.300 mAh yang diklaim sanggup bertahan selama dua hari penggunaan nonstop.

Untuk kameranya diberikan 12 MP untuk kamera utama, dan 5 MP kamera depan. Tak ketinggalan flash led dan sensor sidik jari untuk keamanan ponsel, Redmi 5 tersedia dalam dua pilihan RAM dan internal storage, yaitu 2 GB RAM dengan internal storage 16 GB serta 3 GB RAM dengan internal storage 32 GB.

Untuk Redmi 5 Plus memiliki layar lebih besar, yakni 5,99 inci HD+ beresolusi 2.160 x 1.080 piksel dengan rasio aspek 18:9. Chipset menggunakan Snapdragon 625, daya baterai 4.000 mAh dan RAM dengan varian 3 GB RAM dan memori internal 32 GB, serta varian lainnya yakni RAM 4 GB dan memori internal 64 GB.

Seperti Redmi 5, kemampuan fotografi Redmi 5 Plus didukung dengan kamera utama 12 MP aperture f/2.2 dan LED Flash. Sementara, kamera depan Redmi 5 memiliki resolusi 5 MP dan sensor sidik jari di bawah kameranya.

Keduanya hanya memiliki perbedaan spesifik pada ukuran layar dan dapur pacunya saja. Namun baik Redmi 5 biasa maupun Redmi 5 Plus tetap akan berjalan pada sistem Android Nougat dan antarmuka MIUI 9.

Melihat harga yang ditawarkan di negara asalnya Tiongkok, banderol harga kedua Redmi 5 itu bisa saja berbeda untuk pasar Indonesia. Jika Xiaomi menerapkan strategi seperti saat menjual Redmi 5A-nya beberapa waktu lalu, maka dapat dipastikan Redmi 5 dan Redmi 5 Plus akan lebih murah ketimbang harga di negara asalnya. Kita nantikan saja. (fjr)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!