LIPUTAN.CO.ID

Kesehatan

Sulit Membuahi Istri? Berikut 10 Penyebab dan Solusinya

Kerusakan atau kurangnya jumlah sperma adalah salah satu penyebab mengapa seseorang sulit untuk mendapatkan momongan.

Namun perlu disadari bahwa kondisi ini terjadi bukan tanpa sebab. Ada beberapa hal yang dapat dikaitkan dengan masalah tersebut.

Berikut beberapa kebiasaan dan masalah kesehatan yang bertanggungjawab atas kondisi ini:

1. Konsumsi alkohol
Menurut hasil temuan British Medical Journal, minuman berakohol dapat mempengaruhi kualitas sperma.

2. Terlalu banyak merokok
Tidak hanya alkohol, rokok juga baik terhadap kesehatan sperma. Dengan berhenti merokok, kualiatas sperma dapat berangsur membaik.

3. Stress berlebihan
Seseorang yang selalu dalam keadaan stress, bisa jadi karena kerjaan yang berat atau apa pun itu alasannya dapat berefek terhadap kesehatan spermanya. Menurut penelitian, pria yang gelisah cenderung memproduksi sperma yang tidak wajar.

4. Menaruh ponsel di saku depan
Membawa ponsel pada bagian saku depan celana, jika menurut sebuah studi, maka akan memberikan pancaran radiasi kepada area skrotal, yang dapat menurunkan kualitas dari sperma pria.

5. Terlalu lama di area panas
Terlalu lama berada di daerah panas juga diketahui buruk bagi kesuburan pria. Untuk mendapatkan kualitas sperma yang baik, maka area genital pria diketahui harus lebih dingin dari bagian tubuh yang lain.

6. Begadang
Mereka yang tidur kurang dari 6 jam setiap malam berpotensi kesulitan untuk membuahi pasangannya sebesar 31 persen. Temuan ini disebutkan dalam jurnal Fertility & Sterility.

7. Gemar minum soda
Mereka yang minum satu botol soda yang banyak mengandung gula dapat menurunkan produksi jumlah spermanya dibandingkan mereka yang tidak atau sedikit mengkonsumsinya. Temuan ini diungkap pada Human Reproduction.

8. Kurang gerak
Hasil studi dari American Journal of Epidemiology menyebutkan bahwa terlalu lama berdiam diri berdampak buruk pada kualitas sperma yang mempengaruhi kesuburan pria.

9. Makan makanan dari microwave
Menurut dari Denmark, menghangatkan makanan menggunakan microwave dengan wadah plastik dapat mempengaruhi kualitas sperma dan mempengaruhi kesuburannya.

10. Faktor lain
Masalah kesuburan pada pria selain juga disebabkan oleh darah tinggi dan diabetes, juga dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon atau gangguan pada area kantung kemaluan.

Jika anda salah satu yang mengalami kondisi ini, tips yang satu ini mungkin adalah yang Anda butuhkan saat ini:

Bahan-bahan:

Kismis (30 gram)
Susu (200 ml)
Saffron atau kuma-kuma

Cara menyiapkan:

Cuci kismis hingga bersih. Lalu masak kismis yang anda sudah siapkan dengan 200 ml susu hingga mendidih. Tambahkan sedikit saffron diakhir.

Minum resep ini 3 kali di hari pertama. Setelah itu tambahkan kismis sekitar 50 gram di hari berikutnya. Minum resep ini seperti halnya hari pertama.

(ruf)

Click to comment

Most Popular

To Top