LIPUTAN.CO.ID

Nasional

Target 10 Besar, Cabang Olahraga Tempa Atlet di Luar Negeri

JAKARTA –  Perhelatan Asian Games 2018 kurang dari 100 hari. Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (JK) berharap tuan rumah mampu menorehkan prestasi dan sukses sebagai penyelenggara.

Indonesia memang dituntut mampu tampil oke diperhelatan mendatang. Beberapa cabang olahraga unggulan dituntut untuk meraih medali. JK menjelaskan, prestasi menjadi sebuah tantangan yang mesti terwujud. Target menembus 10 besar dinilai cukup realistis. “Sekarang sisa 96 hari Asian Games 2018 akan dihelat. Ini merupakan acara terbesar yang diselenggarakan bangsa ini sejak 60 tahun silam,” ujarnya.

Diungkapkan JK, untuk menembus 10 besar, setidaknya raihan 16 medali emas harus diwujudkan. Pihaknya pun optimis terget itu direngkuh. Apalagi, cabang olahraga saat ini tengah melakukan persiapan serius di luar negeri.

“Untuk venue kita sudah rampung 98 persen. Masih dan beberapa hal yang mesti dirampungkan hingga bulan depan,” ungkap lelaki asal Bone ini.

Keamanan juga menjadi perhatian. Usai pemberontakan napi di Mako Brimob dan serangan teroris di Surabaya di tiga gereja, Inasgoc mengaku siap dari segi keamanan. Ketua Inasgoc, Erick Thohir, mengatakan, pengamanan dari segi fisik hingga ancaman siber telah diantisipasi.

Menurut dia, TNI dan Polri telah komitmen untuk turut terlibat di Asian Games. “Bahkan kita sudah berkoordinasi untuk membentuk badan anti teror,” ungkapnya. Bus-bus yang akan mengangkut atlet juga telah disiapkan pengamanan.

Saat ini tercatat sudah 1500 atlet yang siap berlaga di pesta olahraga empat tahunan tersebut. Sebelumnya Tiongkok sudah terlebih dahulu mendaftarkan 3000 orang yang terdiri dari atlet dan ofisial. (rls)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top