LIPUTAN.CO.ID

Update

Taufik Kurniawan Minta Rehabilitasi Sekolah Rusak Di NTB Jadi Prioritas

Taufik Kurniawan

Jakarta, liputan.co.id – Gempa yang melanda Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat baru-baru ini menyebabkan banyak korban nyawa di samping berbagai infrastruktur juga hancur. Bahkan, sekolah dan rumah ibadah banyak yang rusak akibat gempa berkekuatan 6,4 dan 7 skala Richter itu. Untuk itu, rehabilitasi sekolah yang rusak akibat bencana alam, harus menjadi prioritas oleh pemerintah.

Demikian diungkapkan Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan menanggapi terjadinya gempa di Lombok yang menyebabkan jatuhnya lebih dari 100 korban itu. Ia meminta pemerintah segera mengantisipasi kerusakan infrastruktur akibat bencana alam, bukan hanya di NTB, namun di seluruh wilayah Indonesia. Ia meminta rehabilitasi sekolah rusak itu menjadi prioritas.

  Taufik Kurniawan: KBRI Ujung Tombak Pemerintah Indonesia Dalam Berdiplomasi

“Rehabilitasi sekolah yang rusak akibat bencana harus menjadi prioritas. Pendidikan anak tidak boleh terbengkalai, walaupun terjadi bencana. Karena pendidikan ini merupakan amanat undang-undang yang harus dijalankan, dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa secara berkeadilan, dalam hal ini termasuk pendidikan di daerah bencana harus terus berjalan,” tegas Taufik ketika dikonfirmasi, Jumat (10/8/2018).

Taufik menambahkan, dengan tingginya persentase wilayah Indonesia yang tidak aman dari bencana alam, sehingga perlu adanya perhatian khusus pada titik-titik rawan bencana. Wilayah Indonesia yang rawan bencana alam karena berada di lintasan lempengan rawan gempa itu, perlu adanya rehabilitasi dan pendirian sekolah baru yang tahan bencana. Seperti bangunan sekolah yang tahan goncangan gempa.

  Pemicu Utama Mengapa Generasi Milenial Berselingkuh

“Untuk mengurangi risiko bencana di sekolah, ke depannya perlu ada perhatian khusus pada sekolah. Seperti bangunan yang lebih tahan gempa. Selain itu, guru-guru dan anak-anak juga harus diberikan pelatihan dan modul antisipasi rawan bencana. Sehingga, pendidikan tetap berlangsung, kendati terjadi bencana alam,” ujar Waketum PAN itu.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!