LIPUTAN.CO.ID

Gaya Hidup

Terbangun Hanya untuk Buang Air Kecil Setiap Malam, Ciri Penyakit Serius Ini

Apakah Anda selalu terbangun di malam hari hanya untuk buang air kecil? Jika iya, maka hampir bisa dipastikan Anda mengalami kondisi bernama apnea tidur.

Demikian menurut studi yang dipresentasikan pada European Association of Urology conference yang berlangsung di London pada akhir bulan Maret 2017 lalu.

Dari survei peneliti asal Belanda yang melibatkan 256 pasien dengan Obstructive Sleep Apnea (OSAS), ditemukan bahwa 69 persen di antaranya mengalami nocturia, kondisi dimana seseorang terbangun hanya untuk buang air kecil.

Lalu apakah kondisi ini membahayakan jika dilihat dari sisi medis?

Sajjad Rahnama’i, M.D., Ph.D., Kepala Studi tersebut menjelaskan bahwa, bangun tidur di malam hari hanya untuk buang air kecil tidak selalu berarti masalah.

  3 Alasan bagi Anda untuk Minum Lebih Banyak Air Putih Mulai dari Sekarang

Namun perlu dicatat, tidak menjadi masalah jika setelah buang air kecil, Anda dapat langsung kembali tertidur dan merasa segar di pagi harinya.

Akan tetapi, lanjut Rahnama’i, jika tubuh Anda justru merasa lelah dan terjadi setiap kali Anda bangun pagi, maka itu adalah pertanda bagi Anda untuk segera memeriksakan kondisi Anda.

Terlebih ketika nocturia Anda terjadi lebih dari 4 kali secara berturut-turut setiap malamnya, sebuah kondisi yang mengindikasikan adanya masalah dengan jantung Anda.(ruf)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!