HIburan

Teresa Teng, Penyanyi Lengendaris Taiwan Ini Ternyata Bisa Bahasa Indonesia

MENGENANG hari ulang tahun penyanyi legendaris asal Taiwan, Teresa Teng (1953-1995), Google menjadikan animasinya di Google Doodle hari ini, Senin (29/1). Terlihat animasi  Teresa Teng  sedang bernyanyi dengan background langit dan bulan di malam hari

Doodle hari ini memberi penghormatan kepada salah satu lagu Teng yang paling terkenal, “The Moon Represents My Heart.” Dengan memberikan sebuah alternatif pada lagu-lagu revolusioner yang kebanyakan lazim di China daratan, penampakan emosional Teng tentang favorit Mandarin kuno ini membuatnya  tenaran secara instan dan tahan lama yang masih ada hingga saat ini. Selamat ulang tahun ke-65, Teresa Teng!,” Tulis Google Doodle hari ini. 

Teresa Teng merupakan seorang penyanyi asal Taiwan. Ia dikenal dengan lagu-lagu rakyatnya dan balada romantis. Selain lagu-lagunya dalam bahasa inggris, Taiwan, Ia juga mempunyai lagu dalam bahasa Indonesia, speerti salah satu lagunya yang berjudul ‘Bulan Mewakili Hatiku’.

Teresa Teng, telah lama divonis menderita asma, Ia meninggal pada 29 Januari 1995 di usianya yang ke 42 tahun.

Teresa kecil lahir di Desa Tianyang,  Kota Baozhong, Kabupaten Yunlin, Provinsi Taiwan, Republik China.

Dilansir Wikipedia, Ayahnya adalah seorang tentara di Angkatan Bersenjata Republik China dari Daming, Hebei dan ibunya berasal dari Dongping, Shandong. Dia adalah satu-satunya gadis, dengan tiga saudara laki-laki

Dalam awal karirnya Teresa Teng mendapat banyak penghargaan dalam berbagai kompetisi bakat. Penghargaan pertama yang di dapatkan adalah pada tahun 2964 dengan lagunya yang berjudul Visiting Yingtai dari film opera Shaw Brothers ‘Huangmei, The Love Eterne. 

Teresa berlahan merubah nasib keluarganya dengan bakat yang Ia miliki. Karena bakat dalam dunia tarik suara, Teresa akhirnya dikeluarkan dari Sekolah oleh Ayahnya, dan Ia dimasukkan di Sekolah musik.

Lambta laun, Yeh Yueh-Yu, seorang profesor Teori Kebudayaan di University of Southern California berkata banyak memberikan Teresa ilmu dalam dunia tarik suara,

Teng mendapatkan ketenaran pertamanya pada tahun 1968 ketika sebuah pertunjukan di sebuah program musik populer Taiwan hingga menghasilkan sebuah kontrak rekaman untuk dengan Teresa

Teresa bisa bernyanyi dengan beberapa bahasa termasuk bahasa Indonesia. Pengaruh Teresa Teng akhirnya menyebar ke Malaysia dan Indonesia.

Popularitas Teresa Teng meningkat pada tahun 1970-an setelah kesuksesannya di Jepang.

Meskipun Teresa Teng tampil di banyak negara di seluruh dunia, namun dia tidak pernah melakukannya konser di daratan China. pada tahun 1990-an, Teresa pernah diundang ke China namun  Ia menolaknya. (dal)

Click to comment

Most Popular

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!