LIPUTAN.CO.ID

Gaya Hidup

Waspadai Beberapa Hal Ini, Jika Anda Mual Tanpa Sebab yang Jelas?

Anda kerap merasa mual-mual tanpa sebab yang jelas, padahal anda tidak mengkonsumsi makanan yang aneh-aneh?

Well, rasa mual sendiri dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari hal yang ringan seperti konsumsi makanan tertentu, hingga masalah kesehatan yang tidak bisa dikesampingkan.

Selain salah makan, mual-mual juga kerap dikaitkan dengan kehamilan jika terjadi pada wanita. Namun selain konsumsi makanan yang salah dan kehamilan, kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa masalah kesehatan yang kerap tidak disadari oleh dari penderitanya.

Berikut ini beberapa hal yang dapat memicu rasa mual seperti diambil dari WomensHealthMag.com:

1. Anda migran

Rasa mual seringkali dibarengi dengan migran, hanya saja, banyak orang yang tidak menyadari kaitan antara keduanya. Konsumsi obat anti migran dapat membantu mengatasi rasa mual yang disebabkan sakit kepala sebelah ini.

2. Anda menderita “Pelvic Congestion Syndrome”

Rasa mual juga dapat disebakan oleh Pelvic Congestion Syndrome yang disebabkan oleh kurangnya vena pada bagian panggul. Anda membutuhkan perawatan medis untuk mengatasi masalah yang satu ini.

3. Anda sedang stress

Selain mata berkedut, stress juga dapat memicu rasa mual. Kondisi ini dapat berkontribusi pada terjadinya gastritis atau radang lambung. Hindari makanan pedas dan hanya makan dalam porsi yang kecil, serta hindari konsumsi kafein.

4. Anda menderita batu empedu

Rasa mual dan muntah-muntah merupakan ciri-ciri dari penyakit batu empedu. Juga biasanya tandai dengan munculnya rasa sakit pada bagian kanan atas perut yang juga diikuti dengan demam.

5. Konsumsi obat-obatan tertentu

Selain 4 masalah di atas, konsumsi obat-obatan seperti pil KB, vitamin, atau jenis obatan OTC memiliki efek samping yang membuat anda merasa mual. Untuk mengatasi ini, konsumsi obat Anda hanya sehabis menyantap makanan.

(ruf)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!