LIPUTAN.CO.ID

Teknologi

Xiaomi Hadirkan Ponsel Gaming, Begini Spesifikasi dan Harganya

Akhirnya smartphone gaming Xiaomi meluncur. Mengusung gelar smartphone gaming, dan membawa spesifikasi kelas wahid.

Dilansir dari laman TheVerge, Minggu (15/4/2018), smartphone gaming hasil kolaborasi Xiaomi dan Black Shark Technology itu hadir dengan spesifikasi gahar.

Xiaomi BlackShark disebut bakal menjadi musuh bebuyutan smartphone gaming Razer Phone yang diluncurkan Razer.

Mendukung performa gaming yang halus dan anti patah-patah, disematkan otak dari pabrikan chipset kenamaan Qualcomm. Snapdragon 845 singgah dalam perangkat ini untuk menunjang performa gaming yang prima.

Tidak berhenti disitu, urusan grafis juga dibubuhkan spesifikasi yang tidak main-main. Graphics processing unit (GPU) Andreno 630 hadir pada perangkat ini menemani otak Snapdragon 845 hadir dengan core Kryo 385. Turut pula disertakan teknologi MEMC untuk memastikan kualitas video lebih halus saat bermain game. MEMC tidak lain merupakan chip pengolah gambar.

Ponsel gaming ini dibekali panel LCD IPS 5,99 inci. Memiliki aspek ratio 18:9 sarat dengan tren pasar ponsel saat ini. Layarnya berresolusi Full HD+ dan 97 persen DCI-P3. Mendukung aksi gaming yang lancar, Xiaomi BlackShark turut dibekali dengan baterai gambot berdaya 4000 mAh.

Menyoal kameranya, Xiaomi BlackShark dibekali kamera ganda di bagian belakang 12 megapixel dan 20 megapixel dengan lensa 6P dan flash dual-LED. Ukuran pixel yang pertama adalah 1,25 µm, sedangkan satunya lagi 1 µm piksel. Kamera depan, dilengkapi sensor 20MP dengan bukaan aperture f/2.2.

Desain bodinya mirip bentuk-X. Tujuannya agar nyaman dalam genggaman pengguna saat berlama-lama memainkan game. Disertakan juga tombol khusus ‘Shark’ di sisi kiri yang memungkinkan pengguna menyalurkan semua tenaga perangkat ini mendapatkan performa gaming yang maksimal.

Performa gaming yang menuntut kinerja maksimum menyebabkan suhu material perangkat ini meningkat. Tenang, Xiaomi telah mengantisipasinya dengan menyediakan sistem pendingin cair terintegrasi multi-stage yang diklaim dapat membawa suhu CPU turun hingga 8 derajat Celcius.

Xiaomi BlackShark hadir dalam dua varian penyimpanan, yaitu RAM 6 GB + ROM 64 GB dan RAM 8 GB + ROM 128 GB. Keduanya sama-sama tidak memiliki slot memori tambahan semisal Micro-SD untuk mengekspansi ruang penyimpanan. Ponsel ini mengusung sistem operasi khusus bernama JOY UI yang Berbasis Android Oreo dan dilengkapi fitur penting MIUI.

Fitur lain yang dihadirkan smartphone gaming ini meliputi USB Type C, 4G VoLTE, GLONASS, APGS dan dukungan dual SIM. Tidak ketinggalan ada sensor sidik jari yang ditempatkan pada tombol home di bagian depannya

Banderol harganya, Xiaomi BlackShark dengan varian penyimpanan RAM 6 GB/64 GB dilego dengan harga CNY 2.999 atau sekitar Rp 6,6 juta. Sementara untuk RAM 8 GB dengan ROM 128 GB dilepas dengan harga CNY 3.499 atau sekitar Rp 7,7 juta.

Ketersediaannya, smartphone gaming ini akan mulai dijual pada 20 April mendatang dengan pilihan warna Polar Night Black dan Sky Grey.

Melengkapi pengalaman gaming, Xiaomi BlackShark hadir bersama gamepad atau kontroler bernama Shark GamePad. Gamepad tersebut dilengkapi baterai 340 mAh dan dapat terhubung melalui Bluetooth. Gamepad Black Shark dijual secara terpisah dengan harga CNY 179 atau sekitar Rp 400 ribu.

Sayangnya, Xiaomi baru mengenalkan perangkat gaming mobile nya ini terbatas pada pasar di negara asalnya saja yakni Tiongkok. Belum jelas apakah pabrikan vendor yang terkenal dengan banderol murah pada produknya ini turut mengapalkan lini smartphone gamingnya untuk pasar global, termasuk Indonesia. Kita nantikan saja. (fjr)

Click to comment

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!