LIPUTAN.CO.ID

Gaya Hidup

Yang Terjadi pada Otak Mereka yang Rutin Konsumsi Teh Hijau

Berabad-abal lamanya, teh digunakan oleh orang China sebagai obat-obatan tradisional untuk berbagai macam penyakit ringan, belakangan, teh dan ekstraknya menarik perhatian para ahli terkait dengan khasiat yang dimilikinya.

Banyak dari mereka yang meneliti khasiat yang dimilik teh, dalam hal ini teh hijau dan kandungan yang dimilikinya dalam mengurangi beberapa masalah kesehatan seperti: kanker, tekanan darah, kolesterol hingga Alzheimer.

Bukti dari penelitian ini adalah terbatas dan bahkan tidak dapat disimpulkan, namun studi terbaru menemukan bahwa ada satu kandungan yang dimiliki teh hijau yang dinamakan EGCG, dapat meningkatkan fungsi salah satu tubuh manusia, yakni otak.

“Banyak orang mengkonsumsi ekstrak teh hijau dalam bentuk yang berbeda-beda, karena itulah kami tertarik untuk meneliti efeknya (terhadap otak),” kata Stefan Borgwadt Professor of Neuropsychiatry di University of Basel seperti dikutip dari CNN.

  Cara Atasi Mata Merah Tanpa Ketergantungan Obat Mata

Dalam studi pada tahun 2014, Borgwadt dan tim membagikan ekstrak teh hijau kepada 12 partisipan dan memetakan otak mereka untuk melihat adanya perubahan pada bagian otak tertentu. Para partisipan ini diberikan hidangan yang mengandung ekstrak teh hijau setara dengan satu hingga dua gelas.

Dua minggu berselang, tim peneliti menemukan bahwa adanya peningkatan konektifitas pada bagian otak yang bertanggungjawab terhadap daya ingat.

“Meminum teh hijau mampu meningkatkan daya ingat pada mereka yang sehat. Teh hijau dapat berguna untuk beberapa penyakit,” kata Borgwadt yang menekankan bahwa studi ini hanya dilakukan dalam skala kecil, namun mereka meyakini hasil yang menjajikan dari penelitian tersebut.

  Lemak pada Bagian Ini Bisa Mengindikasikan Resiko Kanker

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

BERITA POPULER

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!